Tak Perlu Khawatir, 5 Camilan Ini Sehat untuk Penderita Diabetes Penderita diabetes masih bisa mengonsumsi makanan manis (Foto Unsplash/Amanda Congiu)

PENDERITA diabetes disarankan untuk menjaga pola makan. Pada umumnya, diabetes muncul akibat seseorang terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, seperti kopi, teh, daging, hingga keju. Jika sudah menderita diabetes, memilih kudapan sehari-hari pun bukan perkara yang mudah.

Namun, menderita diabetes bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi camilan. Justru, kamu disarankan untuk mengudapnya di beberapa waktu tertentu. Dilansir dari laman Alodokter, simak lima camilan sehat untuk penderita diabetes.

Baca juga:

Bolehkan Penderita Diabetes Mendonorkan Darah

1. Buah

Salah satu buah yang bisa dikonsumsi adalah anggur (Foto Unsplash/Maja Petric)

Meskipun memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi buah. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada buah sangat baik untukmu. Namun, kamu harus memastikan bahwa buah yang dipilih tidak membuat kadar gula darah meningkat. Kamu bisa mengonsumsi anggur, apel, jeruk, pir, beri, dan kiwi untuk dijadikan camilan sehat setiap hari.

2. Cokelat hitam

Penderita diabetes ternyata bisa mengonsumsi cokelat (Foto: Reddit)

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan cokelat? Kamu bisa menyantapnya asalkan jenisnya adalah cokelat hitam. Cokelat jenis ini dipercaya dapat menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan kerja hormon insulin yang sangat baik untuk penderita diabetes. Namun, kamu juga perlu membatasinya. Setidaknya cokelat tersebut mengandung 70 persen kakao dan 15 sampai 30 gram per hidangan.

3. Telur rebus

Sebaiknya, hindari konsumsi telur kuning (Foto: Unsplash/Anton Nikolov)

Penderita diabetes juga dapat mengonsumsi telur rebus. Telur rebus mengandung 7 gram protein dan kalium yang baik bagi kesehatan otot, saraf, dan kesehatan jantung. Jika kamu lebih suka makan telur bersama kuningnya, sebaiknya batasi konsumsi telur maksimal tiga butir dalam seminggu. Sebab, jika berlebihan, akan meningkatkan kolesterol.

Baca juga:

Menu Makanan yang Harus Dipatuhi Penderita Diabetes

4. Chia seed

Chia seed baik untuk memperlambat penyerapan gula darah (Foto: American Society for Nutrition)

Chia seed merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Chia seed juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga kadar gula pada penderita diabetes tetap terkontrol dengan baik. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya. Kadar gula darahmu dapat menurun drastis, terutama jika kamu juga mengonsumsi obat diabetes.

5. Yogurt

Tak sembaran yogurt bisa dikonsumsi (Foto:Unsplash/Joanna Kosinska)

Yogurt merupakan camilan sehat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik. Namun, kamu juga perlu memperhatikan informasi nilai gizi yogurt sebelum mengonsumsinya. Usahakan untuk memilih yogurt dengan kandungan protein yang tinggi sekitar 10 sampai 20 gram dan kandungan gula karbohidrat yang rendah kurang dari 15 gram.

Yuk penderita diabetes, jangan takut cemal-cemil ya (and)

Baca juga:

Satu dari Tiga Orang dengan Diabetes Melitus Berisiko Buta


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo