Tak Perlu Kekuatan Super untuk Jadi Seorang Pahlawan Banyak cara sederhana untuk jadi pahlawan buat orang di sekitarmu (Foto: Mocah Wallpeppers)

KETIKA mendengar kata pahlawan, banyak dari kita yang langsung teringat dengan sosok-sosok penting saat masa perjuangan. Yap! Kata pahlawan sendiri memang lekat dengan kata perjuangan atau peperangan. Padahal, orang tak perlu turun langsung ke medan perang untuk menjadi pahlawan.

Emangnya bisa? Bisa dong! Bahkan itu cukup dilakukan dengan cara-cara sederhana di keseharianmu. Tanpa kemampuan khusus, kamu pun bisa jadi pahlawan bagi orang-orang di sekitar kamu.

Baca juga:

Hari Pahlawan Bukan Merayakan Tokoh

1. Berikan tempat duduk atau antrian kepada orang yang lebih membutuhkan

Berikan tempat duduk atau antrian kepada orang yang lebih membutuhkan
Berikan tempat dudukmu pada orang yang lebih membutuhkan (Foto: Pixabay/PublicDomainArchive)

Cara yang paling sederhana untuk jadi pahlawan adalah memberikan tempat duduk atau antrianmu untuk orang yang lebih membutuhkan. Baik itu ibu hamil atau membawa bayi, lansia, atau penyintas disabilitas. Kamu pun tentunya enggak rugi banyak dengan memberikan tempatmu.

Meski sebenarnya hal ini sering ditulis di tempat-tempat publik, khususnya transportasi umum. Enggak banyak orang yang rela memberikan tempat mereka. Nah, kamu yang ingin jadi pahlawan bisa lakukan hal ini tanpa perlu diminta orang lain terlebih dahulu ya!

2. Tawarkan bantuan jika melihat ada yang kesulitan

Tawarkan bantuan jika melihat ada yang kesulitan
Tawarkan bantuan sekecil apa pun jika melihat orang yang kesulitan (Foto: Pixabay/smahel)

Kalau kamu melihat ada orang yang kesulitan di sekitarmu, tawarkan bantuan jika kamu merasa bisa membantu. Entah itu temanmu atau bahkan mungkin orang yang enggak kenal sekali pun. Misalkan ternyata kamu tidak bisa membantu mereka pun, orang tersebut akan merasa lebih baik karena ada yang memperhatikan mereka.

Tetapi jangan memaksa ketika menawarkan bantuan, khususnya kepada orang yang tidak dikenal. Entah karena takut privasinya terganggu atau mungkin mereka bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal yang terpenting kamu sudah berniat baik dengan menawarkan bantuan.

Baca juga:

Kata Reza Rahadian tentang Sosok Pahlawan di Industri Film Indonesia

3. Jadi pendengar yang baik

Jadi pendengar yang baik
Cukup jadi pendengar yang baik, kamu bisa jadi pahlawan bagi mereka (Foto: Pixabay/rawpixel)

Tanpa disadari, menjadi pendengar yang baik ketika orang lain berbicara juga bisa buat kamu jadi pahlawan. Kok bisa? Di jaman modern ini, hampir semua orang terpaku dengan ponsel masing-masing. Terkadang mereka bahkan lupa dengan lingkungan dan orang di sekitar.

Perhatian kini bisa dibilang jadi barang yang langka. Kalau kamu bisa memberikan perhatian ke orang-orang di sekitarmu, mungkin tanpa sadar kamu telah menjadi orang yang penting bagi mereka. Atau di tengah banyaknya kasus depresi dan bunuh diri, kamu mungkin telah menyelamatkan hidup mereka tanpa sepengetahuanmu.

4. Cintai produk lokal

Cintai produk lokal
Gunakan produk lokal sebisa mungkin (Foto: pxhere.com)

Langkah yang satu ini juga wajib kamu lakukan kalau mau jadi pahlawan. Beli dan gunakan produk buatan lokal sebisa mungkin. Meski kesannya sepele, banyak dampak yang kamu bawa dengan melakukan hal tersebut.
Dengan membeli produk-produk lokal, kamu telah membantu pertumbuhan ekonomi negara.

Tanpa sadar, kamu membantu produsen-produsen lokal dalam mengembangkan brand mereka, bahkan sampai luar negeri. Selain itu kamu juga harusnya jadi lebih irit karena produk lokal biasanya lebih murah. (sep)

Baca juga:

Deretan Film Lokal Bertema Perjuangan untuk Ditonton di Hari Pahlawan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH