Tak Mudah Menambang Bitcoin Tak mudah untuk menambang Bitcoin. (Foto: Pixabay/Designerkottayam)

KETIKA mata uang di dunia maya mulai menjadi tren membuat orang kemudian mulai memburunya. Bitcoin demikian istilah yang dipakai dalam mata uang di internet. Kemudian mendapatkan Bitcoin disebut dengan menambang.

Kesannya sangat mudah saja, namun tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun pada perjalanannya peminatnya akan terbiasa dan mampu mendapatkannya dengan cepat. Namun yang harus diperhatikan adalah melakukan verifikasi pada hash SHA 256. Hash adalah kecepatan per detik yang merupakan ukuran dalam menambang Bitcoin

Verifikasi seperti itu dipakai untuk memvalidasi segala bentuk transaksi Bitcoin yang terjadi. Disamping itu juga untuk menjaga keamanan selama melakukan transaksi. Tak ada orang yang mau kehilangan kekayaannya, bukan?

Cara Menambang Bitcoin

Sewaktu awal Bitcoin diperkenalkan pada publik dunia maya, peranti keras yang digunakan masih CPU atau Chip ASIC Bitcoin. Namun dalam perkembangannya keduanya tidak memungkinkan digunakan kembali karena trafik yang semakin padat dan cepat. Dibutuhkan peranti yang memiliki kinerja 100 kali lipat dari sistem sebelumnya. Jangan sampai Anda memilih peranti keras yang tidak mumpuni.

bitcoin
Butuh komunitas untuk menambang Bitcoin. (Foto: Pixabay/AaronJOlson)

Ada dua cara untuk menambang Bitcoin. Pertama yang aman dengan membeli kontrak menambang Bitcoin lewat cloud. Cara yang keduanya ini bisa dikatakan akan lebih menyederhanakan proses. Namun risikonya lebih besar. Karena Anda tidak memegang penuh kendali dan pengawasan dalam menambang.

Semua memiliki risiko dalam menambang, baik dengan cara pertama maupun yang kedua. Unsur penipuan dalam menambang Bitcoin bukanlah hal yang mustahil. Jangan sampai Anda tertipu lantaran memilih cara yang salah saat menambang Bitcoin.

Ada banyak aplikasi untuk menambang Bitcoin. Ini dapat memudahkan Anda menambang Bitcoin. Saat ini yang paling populer adalah aplikasi bernama CGminer, BFGminer yang berdasarkan CommandLine.

Pilihan lainnya adalah aplikasi berbasis GUI yang sama mudahnya. Seperti aplikasi EasyMiner yang hanya satu klik saja dan dijalankan dalam sistem operasi Windows, Linux dan Android. Menambang dengan aplikasi yang terpercaya dan memiliki sistem kerja yang baik adalah sebuah keharusan. Kembali lagi pada Anda yang hendak menambang, jangan hanya pikirkan keutungannya saja, namun juga harus pada keamanannya.

Komunitas Penambang

Bergabung dengan komunitas penampang Bitcoin adalah jalan terbaik untuk melakukan aktivitas Anda itu. Dengan demikian akan lebih mudah melakukan penambangan dengan cara bekerjasama. Kesulitan akan dapat mudah teratasi bila bergabung dalam komunitas seperti ini. Dengan komunitas ini Anda tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan Bitcoin.

Namanya bergabung dengan komunitas, Bitcoin yang sudah didapat tentunya bukan milik sendiri. Begitu juga dengan kerjanya yang harus pula dibagi rata. Bekerja lebih banyak imbalannya pun lebih besar.

bitcoin
Caption

Dompet

Seperti layaknya Anda memiliki uang, maka kebutuhan dompet menjadi sebuah kewajiban. Langkah membuat dompet Bitcoin untuk memasukan hasil penambangan yang sudah Anda lakukan. Dompet yang umumnya dipakai oleh pemain ini adalah Copay. Selain banyak dipakai, aplikasi ini terpercaya dan dapat dipakai dalam semua sistem operasi dan berbagai peranti keras.

Namun yang perlu Anda perhatikan baik-baik saat ingin membuat dompet Bitcoin adalah sebisa mungkin mengamankannya dari potensi ancaman dengan cara mengaktifkan otentikasi dua faktor, atau Anda juga bisa meletakkannya pada komputer luring yang tidak mengakses sistem internet.

Dalam hal ini, dompet Bitcoin bisa Anda dapatkan dengan cara mengunduh terlebih dahulu piranti lunak klien ke komputer Anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh piranti lunak dompet Bitcoin yang sudah terbukti keamanannya:

1. Kraken

Kraken ini merupakan bursa terbesar yang ada di Eropa yang memiliki SEPA hari yang sama.

2. SpectroCoin

SpectroCpoin ini juga merupakan bursa Eropa dengan SEPA hari yang sama dan juga dapat membelinya dengan menggunakan kartu kredit.

3. Local Bitcoins

Local Bitcoins ini bisa dikatakan sebagai salah satu layanan luar biasa. Kenapa? Sebab memungkinkan Anda untuk mencari seseorang diantara masyarakat yang bersedia untuk menjual Bitcoin langsung kepada Anda. Tapi meskipun seperti itu, sebaiknya kehati-hatian tetap perlu Anda kedepankan.

4. Coinbase

Coinbase ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat terbaik untuk mulai membeli Bitcoin. Tapi sayangnya tempat ini kurang begitu bagus untuk dijadikan sebagai dompet Bitcoin. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik ketika ingin memilih Coinbase untuk dijadikan sebagai dompet Bitcoin.

5. Buying Bitcoin Guide

Peranti lunak yang satu ini bisa memandu Anda untuk menemukan bursa Bitcoin terbaik yang ada di negara Anda.

Selalulah mengikuti perkembangan yang ada pada dunia Bitcoin. Berita-berita yang beredar dari sumber-sumber terpercaya layak Anda konsumsi. Ini sangat penting untuk perkembangan keuntungan Anda dan memperkuat sistem keamanan Anda. (dari berbagai sumber)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH