Tak Miliki SIKM, Ribuan Kendaraan Ditolak Masuk ke Jakarta Petugas mengecek penumpang mobil yang melintas di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Selasa. (ANTARA/ HO-Bid Humas Polda Jateng)

MerahPutih.com - Polisi memutarbalikkan sebanyak 1.411 kendaraan karena tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM). Kendaraan tersebut terjaring di KM 47 Tol Cikampek arah Jakarta sejak dua hari penerapan penyekatan arus balik mudik.

"Selasa 26 Mei 2020 dari jam 08.00 - 00.00 WIB jumlah kendaraan keseluruhan (yang diputar balik) 1.129 unit. Rabu 27 Mei 2020 282 unit (total) 1.441," kata Kapolres Karawang, AKBP Arif Rachman Arifin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (27/5).

Baca Juga

Selain Atur dan Edukasi Masyarakat, TNI-Polri Dikerahkan untuk Bantu Satpam Mal

Arif merinci, dari 1.229 kendaraan yang terjaring di hari pertama paling banyak kendaraan pribadi mencapai 1.114 sisanya 15 kendaraan elf dan bus.

Kemudian di hari kedua ada 282 yang terdiri dari 279 kendaraan pribadi dan 3 kendaraan bus.

"Kendaraan elf nihil (di hari kedua)," tutur Arif.

Petugas Kepolisian meminta pengendaraan membuka kaca jendela saat melintasi pos penyekatan arus mudik di jalan tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Sugiharto Purnama)
Petugas Kepolisian meminta pengendaraan membuka kaca jendela saat melintasi pos penyekatan arus mudik di jalan tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Dia mengatakan, kendaraan yang tidak memiliki SIKM diminta untuk putar balik lagi di posko pembatasan dan penyaringan Km 47 tol Jakarta-Cikampek.

"Semua kita minta putar balik karena tidak ada SIKM, dikeluarkan di Karawang Barat," pungkasnya.

Baca Juga

Modus Pemudik Bandel Pas COVID-19, Ada yang Pura-Pura Mogok Pakai Derek

Sebagaimana diketahui Gubernur DKI Jakarta mengharuskan memiliki SIKM untuk masuk ke Jakarta bagi warga daerah.

Hal tersebut sesuai dengan Pergub 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH