Tak Melulu Nasi, Ini 5 Makanan Pokok Asli Indonesia Sagu lempeng dipadu dengan ikan kuah kuning. (Instagram/ bee_vebiyanti)

MAKANAN pokok sebagian besar masyarakat Indonesia adalah nasi. Seperti umumnya makanan pokok sebagian besar penduduk Asia.

Masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari nasi. Bahkan ketika di luar negeri dengan makanan pokok lain, WNI tetap mencari nasi. Ada juga istilah, belum makan nasi belum makan. Hal itu membuktikan betapa pentingnya nasi bagi masyarakat Indonesia.

Bagi orang Indonesia, makan nasi tidak bisa digantikan dengan makanan lain. "Makan" berarti makan nasi. Makan tidak bisa digantikan dengan makanan lain meski mengenyangkan.

Tapi jangan salah, ketergantungan terhadap nasi hanya di sebagian daerah. Beberapa daerah di Indonesia punya makanan pokok selain nasi. Untuk mendukung ketahanan pangan tanah air, masyarakat juga harus mengembangkan makanan pokok selain nasi.

Berikut merahputih.com sajikan makanan pokok dari Indonesia selain nasi;

1. Nasek empog

Nasi jagung atau nasek empog. (Instagram/ cookbyvirsta)
Nasi jagung atau nasek empog dengan lauk pauk dan sayur. (Instagram/ cookbyvirsta)

Nasek empog atau nasi jagung yaitu salah satu makanan pokok Indonesia dari Pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan nasek empog yaitu Surabaya dan Madura.

Selain di Pulau Jawa, nasi jagung juga menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Flores, Sumba, dan Pulau Timor. Nasek empog harus menggunakan jagung sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil dan dikeringkan. Setelah kering jagung digiling sebelum dimasak seperti memasak nasi biasa.

2. Nasi tiwul

Nasi tiwul. (Instagram/ rm_bujarno)
Nasi tiwul. (Instagram/ rm_bujarno)

Nasi tiwul sebagai makanan pokok bisa ditemukan di Pacitan, Jawa Timur. Nasi tiwul berbahan dasar ketela pohon yang dikeringkan lalu ditumbuk hingga menjadi tepung. Lalu diberi sedikit demi sedikit air hingga membentuk butiran-butiran kecil dan dikukus sampai matang.

Nasi tiwul dinikmati seperti nasi beras ditambah lauk pauk atau sayur. Di Jawa Barat, olahan ketela pohon untuk bahan pokok juga terdapat di Cimahi. Daerah Cireundeu menyebut nasi singkong itu dengan nama sangeun. Ada juga eloi, makanan pokok dari singkong dari Kalimantan Timur.

3. Sagu lempeng

Sagu lempeng. (Instagram/ s.ali_mussa)
Sagu lempeng. (Instagram/ s.ali_mussa)

Sagu lempeng merupakan olahan dari sagu. Sagu lempeng ini merupakan makanan pokok di Papua dan Papua Barat. Sagu lempeng dibuat mirip roti dan pengolahannya dengan dibakar atau dipanggang.

Selain itu, sagu juga dibikin papeda sebagai makanan pokok penduduk Papua. Makanan pokok sagu juga ditemukan di Maluku.

4. Bubur jewawut

Bubur jewawut. (Instagram/ hennysoedio)
Bubur jewawut. (Instagram/ hennysoedio)

Bubur jewawut merupakan makanan pokok yang bisa ditemukan di daerah Bengkulu dan beberapa di Pulau Jawa. Bubur ini olahan dari biji jewawut yang menyerupai gandum.

Budidaya jewawut di Indonesia bahkan lebih dulu sebelum adanya padi. Sebelum beras berkembang, dahulu di Sulawesi misalnya, masyarakat setempat banyak membudidayakan jewawut untuk makanan pokok. Olahan jewawut dibuat nasi atau dibubur.

5. Ubi bakar

Ubi bakar dalam tradisi bakar batu. (Instagram/ ifon_ww)
Ubi bakar dalam tradisi bakar batu. (Instagram/ ifon_ww)

Sama seperti papeda dan sagu lempeng, ubi bakar merupakan makanan pokok lain masyarakat Papua dan Papua Barat. Tanah Bumi Cendrawasih menjadikan ubi jalar tumbuh subur dengan ukuran besar. Penggunaan ubi jalar sebagai makanan lokal terutama oleh penduduk di pegunungan seperti di Jayawijaya. Sementara konsumsi sagu kebanyakan untuk wilayah pesisir. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Resepnya Ditemukan Tak Sengaja, Kini Jadi Makanan Khas

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH