Tak Mau Terlindas Zaman, Kopassus Kembangkan Satuan Siber Mantan Danjen Kopassus Mayjen (TNI) Madsuni (kanan) melakukan salam komando dengan Danjen Kopassus yang baru Mayjen (TNI) Eko Margiyono (kiri) usai Upacara Penyerahan Satuan Korps Pasukan Khusus (Kopa

Merahputih.com - Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Eko Margiyono menegaskan, Kopassus harus beradaptasi dengan perubahan zaman agar tidak tergerus oleh zaman.

"Kalau Kopassus tidak pernah mau beradaptasi dengan perubahan zaman maka suatu saat kita akan dilindas oleh zaman," kata Eko usai Upacara Penyerahan Satuan Kopassus dari Mayjen TNI Madsuni kepada dirinya, di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat.

Menurutnya, ancaman siber saat ini kian nyata, oleh karenanya prajurit Kopassus juga harus mampu mengantisipasi hal itu.

"Sekali lagi, bukan hanya Kopassus, bagian-bagian lain juga menangani yang berkaitan dengan siber. Hoaks itu hanya satu bagian daripada serangan yang berkaitan dengan siber," ujar Danjen Kopassus ke-30 tersebut.

Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni menerangkan, Kopassus terus melakukan pengembangan kemampuan dan keterampilan prajuritnya, di antaranya, mengembangkan Satuan Siber Kopassus untuk menghadapi perang asimetris ke depan.

"Saat ini Kopassus sedang giat mengembangkan kembali kemampuan dan keterampilan prajurit," ujar Madsuni.

Kemampuan tersebut di antaranya adalah kemampuan perang hutan dan pertempuran kota. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seluruh prajurit Kopassus itu dikembangkan melalui pendidikan dan pelatihan.

"Selain itu, untuk mendukung keberhasilan satuan, kita juga sedang membentuk dan mengembangkan Satuan Siber Kopassus dalam rangka menghadapi perang asimetris," kata Madsuni yang saat ini menjabat Pangdam XIII/Merdeka, Manado, Sulawesi Utara.


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH