Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple Apple luncurkan konsep iPhone dengan layar yang bisa dilipat (foto appticker.de)

SEPERTINYA saat ini semua perusahaan produsen telepon pintar sedang berlomba-lomba untuk menjadi perintis. Buktinya minggu lalu Samsung baru saja merilis ponsel layar lipatnya yang bernama Galaxy Fold. Hal tersebut pun diikuti oleh Huawei yang juga meluncurkan ponsel layar lipat Mate X.

Sekarang, perusahaan Apple juga sudah meluncurkan konsep ponsel layar lipat mereka. Cek video dan beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang iPhone X Fold di bawah ini:

(video: YouTube/Tech Term)

1. Konsep ponsel layar lipat dari Apple

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Konsep baru iPhone X yang bisa dilipat (foto: iphonehacks.com)


Perusahaan Apple sebenarnya sudah mematenkan ide ponsel layar lipat ini sejak Oktober 2018. Kemudian desain pun dibuat.

Dalam video dan gambar-gambar yang dirilis terlihat bahwa iPhone baru ini bisa ditekuk dan dilipat di bagian tengahnya. Ketika dibuka akan terlihat seperti mini tab.

Berbeda dengan Galaxy Fold, konsep iPhone X Fold ini lebih ramping ketika ditutup. Hal ini terjadi karena mekanisme engselnya tidak terlalu menonjol seperti yang ada pada Galaxy Fold.

2. Konsep dibuat oleh Roy Gilsing

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Roy Gilsing yang membuat konsep iPhone X Fold ini (foto: cultofmac.com)

Dalam merealisasikan iPhone X Fold, Foldable News meminta Roy Gilsing, seorang perancang asal Belanda untuk membuat konsep iPhone X Fold. Konsep ponsel layar lipat yang dibuat oleh Gilsing ini sangat menarik.

Salah satunya adalah keyboard horizontal. Konsep desain Gilsing masih sama dengan inti konsep dari ponsel lipat, yaitu memprioritaskan layar di bagian dalam. Namun, pada kenyataannya desain Gilsing ini bukan sesuatu hal yang bisa dilakukan saat ini.

3. Mengingatkan kita pada Nokia Communicator

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Ada keyboard horizontal yang muncul ketika dilipat (foto: 9to5mac.com)


Rancangan desain iPhone X Fold ini memiliki keunikannya sendiri. Dengan mode kerang, ponsel ini bisa ditekuk di bagian tengah dan bagian bawahnya bisa dijadikan keyboard.

Kalau melihat desain dari konsep ini, banyak orang yang akan mengingat teknologi serupa yang pernah dilakukan Nokia pada seri Communicator mereka tahun 1996 silam. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH