Tak Mau Bernasib Seperti Bandara Kertajati, Menteri Siapkan Jurus Ramaikan YIA Menteri Negara BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi Bandara YIA di Kulonprogo, Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Seiring dibukanya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) ada kekhawatiran sejumlah pihak nasibnya tak lebih baik dari Kertajati, Jawa Barat terkait sepinya penumpang.

Tak mau kondisi tersebut terulang, Menteri BUMN Rini Soemarno menyiapkan jurus ampuh agar Bandara YIA di Temon Kulonprogo itu ramai pengunjung.

Menteri Rini mengatakan dirinya kaan membuat program-program yang menarik sehingga wisatawan mau berkunjung ke Yogyakarta dan sekitar melalui YIA.

"BUMN kita sedang siapkan program-program yang menarik disini. Salah stunya kita bakal tarik mereka ke Borobudur,"jelas Rini saat singgah di Bandara YIA, Selasa 7/5).

Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangani sebuah prasasti di YIA
Menteri Rini Soemarno menandatangani sebuah prasasti di Bandara YIA, Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa (7/5) (MP/Teresa Ika)

Pihaknya turut mendorong Angkasa Pura atau BUMN bidang transportasi untuk menyediakan kendaraan umum yang nyaman dan cepat ke Kota Yogyakarta. Transportasi yang nyaman dirasa penting lantaran jarak Bandara YIA ke pusat KOta Yogyakarta sekitar 50km dan membutuhkan waktu 1,5 jam dengan kendaraan roda dua.

"Kita sediakan bus yang nyaman ke kota Yogyakarta. Ke depannya KA jadi keharusan penghubung dari Adisutjipto ke YIA," pungkas Rini.

Bandara YIA mulai beroperasi sebagian pada Senin 6 Mei 2019. Maskapai Citilink menjadi maskapai pertama yang bisa mendarat di Bandara YIA. Ditahap awal beroperasi, baru ada satu kali perjalanan pulang pergi dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju YIA.

Pesawat perdana Citilink mendarat di YIA pukul 12.40 wib. Ada sekitar 96 penumpang yang turut dalam penerbangan ini. Pesawat ini kemudian terbang kembali ke Jakara sekitar pukul 13.10 Wib. Penerbangan ke Jakarta mengangkut 52 penumpang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH