Tak Masuk Nominasi Oscar, Sutradara Aquaman Marah Aquaman (Sumber: Sreenshot YouTube)

AQUAMAN memang menjadi film mengagumkan Warner Bros. di tahun 2018. Bahkan film garapan sutradara James Wan ini mampu mengalahkan tiga film superhero Marvel yakni Venom produksi Sony Pictures, dan Guardians of the Galaxy: Vol. 2 dan Thor: Ragnarok milik Marvel Studios.

Namun dibalik kesuksesannya itu, James Wan mengaku kecewa. Hal itu karena film yang dibintangi oleh Jason Momoa ini tidak masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori Visual Efek Terbaik.

Sebenarnya Aquaman sudah masuk dalam daftar 20 film kategori tersebut. Hanya saja, film ini gagal lolos setelah dikerucutkan. Sementara film yang masuk nominasi antara laian First Man, Avengers: Infinity War, Black Panther dan Ant-Mman and the Waps.

Ngoceh di Facebook

Aquaman (Sumber: IMDb)
Aquaman (Sumber: IMDb)

Menurut James, para anggota Academy's Visual Effects Branch Executive Committee mengabaikan kerja keras para krunya. Hal itu ia lontarkan di halaman Facebook-nya dengan mengunggah foto proyek mereka dan membagikannya kepada Kelvin Mcllwain, yang tidak lain adalah supervisor visual effects-nya (VFX).

"Faktanya bahwa rekan-rekan VFX-mu di Academy (Academy Awards) tidak mengakui atau menghargai kontribusi kita/kalian semua pada film dan bioskop adalah hal yang memalukan," lanjutnya.

Menariknya, Mcllwain menjawab komentar James Wan. "Aku bersamamu James. Sangat mengejutkan bagi semua orang bahwa kita tidak berada dalam 10 film terakhir yang akan ditampilkan di Academy untuk VFX," katanya.

Menjelaskan bagaimana proses visual efek Aquaman

James Wan (Sumber: Movieweb)
James Wan (Sumber: Movieweb)

Setelah itu James Wan menjelaskan secara detail kepada para penggemarnya tentang betapa detailnya efek kecil dan sangat penting untuk Aquaman. Ia juga berbagi artikel di Twitter tentang bagaimana ia dan timnya fokus untuk mendapatkan hasil rambut Jason Momoa agar adegan di bawah laut terlihat pas.

"Ini adalah wawasan kecil yang hebat tentang komponen ONE VFX (yang ada banyak) - rambut sialan," tulis Wan. "Rambut panjang dan janggut Momoa sangat menyebalkan, tapi akhirnya itu menjadi isyarat visual yang penting untuk membantu menjual tampilan bawah air," lanjutnya.

Sementara untuk daftar resmi nominasi Oscar akan diumumkan pada 22 Januari, menjelang upacara penghargaan yang berlangsung pada 24 Februari 2019.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH