Tak Masuk Daftar Penampil, Iwan Fals Jadi Kejutan di Synchronize Fest 2019 Tidak ada di daftar penampil, Iwan Fals kejutkan para penonton yang Hadir. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

KEJUTAN besar hadir di hari kedua Synchronize Fest 2019 Sabtu (5/10) di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Kejutan itu muncul usai grup band The Upstairs tampil di Dynamic Stage pada pukul 21.30. Seharusnya pada jadwal resmi penampil selanjutnya, Oomleo Berkaraoke dengan sejumlah musisi pop melayu yang akan tampil setelahnya.

Tak seperti biasa, pada layar di atas panggung tak ada nama penampil berikutnya yang akan melakukan pertunjukan. Hal itu pun lantas membuat pengunjung yang hadir menerka-nerka siapa yang bakal tampil selanjutnya. Sejumlah kru dan band pengiring pun tampak lalu-lalang di atas panggung.

Baca juga:

Sosok Chrisye 'Hidup Kembali' di Panggung Synchronize Fest 2019



Lampu panggung juga terlihat begitu gelap, penonton yang menantikan penampil berikutnya dibuat bingun. Hingga pada pada pukul 22.00, barulah lampu menyala. Kejutan itu ialah Iwan Fals yang muncul di atas panggung. Para penonton yang memadati lokasi venue sontak berteriak sangat kencang menyambut meriah kedatang salah satu musisi legendari Indonesia itu.

Iwan Fals Syncronize Fest 2019
Iwan Fals Melambaikan tangan ke ribuan penonton saat lampu dinyalakan (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)



Sambil memegang gitar dan harmonika, Iwan Fals langsung menyapa ribuan penonton yang dikejutkan degan kemunculannya di atas Dynamic Stage. "Assalamualaikum teman-teman, Mantap, saya senang ada bersama orang-orang yang kreatif," ujar Iwan Fals yang dilanjutkan dengan memainkan lagu pembuka yakni Belum Ada Judul.

Saat membawakan lagu tersebut, Iwan Fals tak bermain bersama band pengiring. Melainkan hanya bermodalkan gitar akustik serta harmonikanya. Disela-sela lagu, Iwan Fals takjub dengan ribuan penonton yang masih hafal dengan lagu yang dirilis 27 tahun lalu itu. "Wah ternyata masih pada hapal yah, saya pikir sudah lupa," canda Iwan dan sembari melanjutkan kembali penampilannya.

Setelah itu, Iwan Fals membawakan beberapa lagu lain termasuk Di Mata Air Tak Ada Air Mata, Ku Paksa Untuk Melangkah dan Jendela Kelas. Kejutan pun datang kembali saat musisi kawakan tersebut membawakan lagu Buku ini Aku Pinjam. Menariknya lagu itu tak dibawakan dengan aransmen seperti biasanya, namun diberikan sentuhan musik elektronik hingga terdengar lebih kekinian dan fresh.

Iwan Fals Syncronize Fest 2019
Aransemen Musik Iwan Fals diberikan sedikit warna kekinian (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)



Meskipun dimainkan dengan aransmen baru yang asing, tapi para pengunjung yang meramaikan venue tetap terhibur dengan penampilan Iwan Fals. Hal itu bisa dirasakan dengan suara nyanyian bersama dan tepuk tangan dari hampir semua penonton.

Dipenghujung lagu, Iwan Fals memberikan sebuah pesan pada pengunjung yang hadir. "Tetap tersenyum semua, tapi jangan senyum Joker," ucap Iwan dari atas panggung. Lalu semangat para festival goers yang hadir kembali terbakar dengan beberapa lagu hit yang dibawakan oleh Iwan Fals. Di antaranya lagu Pesawat Tempur, Kembang Pete dan Yang Terlewatkan.

Menariknya, terlihat seorang penonton yang membawa bendera yang bertuliskan #ReformasiDiKorupsi, hal itu menjadi sorotan penonton lainnya. Aksi seorang penonton itu rupanya juga terlihat oleh Iwan Fals dari atas panggung. Penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto itu pun langsung mengatakan "Rerformasi dikorupsi, iya iya, tinggal Perppu sama kabinet yang belum, mudah-mudahan sih keputusannya bijak," ujar Iwan dengan lantang dari atas panggung.

Baca juga:

Tony Q dan Musik Reggae yang Tak Pernah Mati



Pada pertengahan penampilannya, Iwan Fals kembali melontarkan beberapa kritik-kritik yang biasa dikemukukan diatas panggung. Setelah itu kejutan pun kembali datang, terdengar bunyi sirine kebakaran dan panggung menjadi merah dengan video kobaran api di layar LED besar yang ada diatas panggung. Lalu Iwan Fals pun kembali meluncurkan komentarnya. "Sehat-sehat semuanya yah, meski ada saudara-saudara kita kepanasan karena kebakaran hutan," sindir Iwan Fals.

Beberapa lagu hit dari Iwan Fals pun kembali dibawakan, seperti Tikus Tikus Kantor, Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi, Balada Orang-Orang Pedalaman, Serdadu hingga lagu Cendrawasih yang menjadi penutup penampilan Iwan Fals.

Iwan Fals Syncronize Fest 2019
Iwan Fals kembali untuk memainkan lagu Bento atas permintaan penonton (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)



Penonton yang tidak tahu bakal berkesempatan menyaksikan penampilan Iwan Fals tampak tak puas karena lagu Bento belum dibawakan. Ribuan penonton lalu meneriakan 'Bento Bento Bento' dengan lantang. Namun sayangnya karena keterbatasan waktu, Bang Iwan tak bisa mengabulkan permintaan dari penonton.

"Di belakang panggung sudah marah-marah nih, simpan dulu yah bentonya dalam hati tapi jangan jadi Bento. Ayo kalian yang nyanyi kami yang joget" ujar Iwan Fals. Mendengar hal itu, ribuan penonton yang telah memadati panggung utama pun dengan kompak menyanyikan lagu Bento dengan Iwan Fals dan band pengiringnya yang berdansa kecil diatas panggung.

Setelah itu dipenghujung penampilan, Iwan Fals pun mengajak para penonton untuk berswafoto terlebih dahulu sebelum turun panggung. (Ryn)

Baca juga:

The Upstairs Sukses Buat Pengunjung Synchronize Fest 2019 Berdansa Lepas

Kredit : raden_yusuf


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH