Tak Lolos Seleksi Capim KPK, Laode: Lulus Almahdulillah, Tidak Lulus Juga Alhamdulillah Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif gugur dalam seleksi untuk jabatan periode kedua. Laode gagal lulus tahap profile assesment atau seleksi tahap empat yang digelar Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, pada 8-9 Agustus 2019 lalu.

Pimpinan lembaga antirasuah yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Desember 2018 itu mengaku biasa saja saat mengetahui namanya tidak masuk ke 20 besar tahapan seleksi Capim KPK berikutnya.

Baca Juga: KPK Kantongi Rekam Jejak Negatif Para Capim Jilid V

“Perasaan saya biasa saja ketika tidak lulus ke 20 besar," ucap Laode lewat pesan singkat kepada wartawan, Jumat (23/8) malam.

Laode lantas mengingatkan soal pernyataannya di Gedung Lemhanas, Jakarta, saat hendak menjalani tes profile assessment pada Jumat (9/8) lalu.

"Saya tidak pernah percaya diri, kalau dibutuhkan alhamdulillah, kalau tidak dibutuhkan lagi alhamdulillah bisa membantu," ujar Laode.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif gugur dalam seleksi capim KPK
Laode M Syarif gugur dalam seleksi Capim KPK periode 2019-2023 (MP/Ponco Sulaksono)

Pernyataan itu lah yang kembali diutarakan Laode saat ditanya wartawan terkait kegagalannya dalam seleksi Capim KPK periode 2019-2023.

"Sebagaimana yang saya kemukakan sebelum-sebelumnya: ‘lulus alhamdulillah, tidak lulus, juga alhamdulillah'," kata Laode.

Laode merupakan satu dari tiga orang unsur KPK yang gugur usai uji profile assesment. Tiga anggota KPK lainnya yang juga gagal lolos, antara lain Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK Chandra Sulistio Reksoprodjo, Tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK Dedi Haryadi dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.

Nama-nama mereka tak disebut saat Pansel Capim KPK membacakan 20 peserta yang lulus tes di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (23/8). Sementara itu, dua internal KPK yang lolos seleksi tahap keempat yakni Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi KPK Sujanarko.

Baca Juga: Koalisi Kawal Capim KPK Minta Jokowi Evaluasi Kinerja Pansel

Diketahui, Pansel Capim KPK mengumumkan 20 peserta lulus dari tes profile assesment. Sebelumnya ada 40 peserta mengikuti seleksi tahap kedua yang digelar Pansel Capim KPK, pada 8-9 Agustus 2019.

"Seleksi capim KPK 2019-2023 dari 40 orang peserta seleksi capim KPK 2019-2023 yang mengikuti profile assesment pada 8-9 Agustus 2019 yang dinyatakan lulus 20 orang," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih dalam jumpa pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (23/8).

Yenti menyatakan para peserta seleksi Capim KPK yang lolos tersebut wajib mengikuti rangkaian tes lanjutan. Pertama, pada Senin 26 Agustus para peserta akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Kemudian keesokan harinya tepatnya pada Selasa 27 Agustus 2019 hingga Kamis 29 Agustus 2019 dilakukan tahapan wawancara dan uji publik. Setidaknya setiap satu hari, ada 7 peserta yang akan mengikuti tes wawancara dan uji publik.(Pon)

Baca Juga: Hasil Seleksi Capim 20 Besar, KPK Keok di Tangan Polisi

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH