Tak Lagi Khusus Gamers, Aplikasi Discord Terapkan Konsep Baru Menggunakan tagline baru. (Foto: Videogameschronicle)

BANYAK orang berpikir aplikasi Discord merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk komunikasi para pemain video game. Aplikasi yang dianggap sebagai ‘tempat nongkrongnya’ para pemain game ini sudah mendapatkan 100 juta pengguna aktif.

Terhitung penggunanya telah menghabiskan waktu empat miliar menit dalam percakapan setiap hari. Di Discord, kita dapat berkomunikasi melalui teks, gambar, video, foto, dan audio di 6,7 juta server aktif.

Baca juga:

Lokapala Game MOBA Asli Indonesia Pesaing Mobile Legends

Mengutip laman Screenrant, Discord kini sedang mengubah fokusnya untuk menjadi platform yang tidak hanya digunakan para pemain saja, tetapi semua orang dan komunitas.

Pernyataan ini disampaikan CEO Discord Jason Citron di blog Discord pada Selasa 30 Juni 2020. Discord akan memfokuskan platformnya agar bisa digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi, bertemu, dan memulai obrolan dengan siapapun.

“Dalam menanyakan kepada kalian mau jadi apa Discord, kami mendengar bahwha kalian ingin Discord lebih ramah, lebih inklusif, dan lebih dapat dipercaya sehingga lebih banyak komunitas dapat menemukan rumah di sini,” ujarnya.

“Banyak dari kalian mengatakan kepada kami bahwa kesalahpahaman terbesar adalah bahwa itu hanya untuk bermain game,” lanjut Citron.

Dengan dilakukannya pembaruan Discord, Citron melepas branding lama mereka dan membuat tagline baru menjadi “Tempat Anda untuk Berbicara”.

Baca juga:

Ninja Battles Featuring Fortnite, Tawarkan Hadiah 1 Milyar Tiap Minggu

Selain mengubah tagline, Discord juga mengubah tampilan laman resmi mereka dengan warna biru. Discord juga akan meningkatkan kapasitas suara dan video hingga 200 persen.

Dalam upaya membuat Discord menjadi lebih mudah diakses, Citron akan memberikan pengalaman untuk pengguna baru, mempermudah membuat server, memperbaiki bug, dan membuat komunikasi secara global. Discord juga mengambil langkah tegas untuk mengantisipasi adanya tindakan rasialisme.

Tak Lagi Khusus untuk Gamers, Aplikasi Discord Terapkan Konsep Baru
Jason Citron ingin Discord dikenal bukan hanya untuk para gamers saja. (Foto: Business Insider)

“Ini hanyalah awal dari perjalanan Discord untuk menjadi tempat bagi semua komunitas untuk berbicara dan membangun hubungan. Kami akan terus mengambil tindakan tegas terhadap supremasi kulit putih, rasialisme, dan lainnnya yang berusaha menggunakan perselisihan untuk kejahatan,” tutur Citron.

Mengutip laman Bloomberg, Discord baru saja mendapatkan dana tambahan sekitar USD 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Citron melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan modal dan melakukan terobosan baru bersama para investor, salah satunya adalah Riot Games Tencent. (and)

Baca juga:

PlayStation Janjikan Rp712 Juta untuk Siapapun yang Bisa Atasi Bug


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH