Tak Kuat Berdesakan, Sejumlah Ibu-ibu Pingsan di Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf Salah satu peserta pingsan saat kampanye Jokowi (Foto: Antaranews)

MerahPutih.Com - Stadion Gelora Bung Karno dipadati ratusan ribu pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Namun, diantara mereka banyak yang pingsan karena tidak kuat berdesak-desakan di antara lautan massa.

Beberapa pendukung 01 yang tampak pingsan adalah ibu-ibu. Ia sudah dievakuasi oleh panitia dengan menggunakan tandu untuk mendapat pertolongan medis.

"Minggir dulu ya izin lewat," ucap salah seorang panitia seraya menggotong tandu membelah kerumunan.

Hingga kini, hiburan berupa konser musik sudah mulai dinyanyikan para musisi seperti Saykoji. Acara dipandu oleh Cak Lontong dan Indra Bekti.

Relawan menyiapkan tukang pijat gratis
Relawan Jokowi menyiapkan tukang pijat gratis (MP/Asropih)

Massa yang akan masuk ke dalam SUGBK harus melewati metal detector. Ada juga pengecekan tas dan barang bawaan yang dibawa massa peserta kampanye.

Kampanye akbar ini sendiri direncanakan dimeriahkan sejumlah artis. Jokowi-Ma'ruf juga direncanakan hadir dalam kampanye terakhir jelang masa tenang ini.

Polda Metro Jaya juga menyatakatan ada 40 ribu personel gabungan yang disiapkan mengamankan kampanye itu. Personel gabungan itu terdiri dari TNI-Polri hingga ormas.

Pengecekan barang massa jelang masuk GBK Pengecekan barang massa jelang masuk Gelora Bung Karno.

Polisi juga menyiapkan pengalihan arus di sekitar GBK. Lokasi kantong-kantong parkir juga telah di sediakan di sekitar lokasi.

Selain massa pendukung, kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf juga menyediakan relawan dari berbagai unsur seperti tokoh masyarakat, massa partai politik pendukung, komunitas, simpatisan,serta masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia telah sejak pagi sudah memadati kawasan GBK.

Relawan Jokowi di GBK
Relawan Jokowi di GBK untuk membantu massa dengan menyiapkan pijak gratis (MP/Asropih)

Salah satu kelompok pendukung yang sudah siap sejak pagi adalah para pemijat refleksi dari berbagai daerah.

Ketua Relawan Budiman, Erick Thohir, ada sekitar 4.500 para pemijat refleksi profesional ini tak sekedar menghadiri kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf di GBK. Tapi juga sukarela menyediakan jasa gratis pijat refleksi untuk pendukung Jokowi yang berpartisipasi.

"Ada pijat gratis dari 4.500 relawan profesional bidang refleksi," ujar M. Nasir.

Nasir mengatakan, pijat gratis ini disebar di berbagai titik di sekitar GBK. Di antaranya di tribun-tribun Stadion Utama, tenda-tenda medik, tenda stand bazaar, serta samping barikade di wilayah parkir timur.

Nasir mengaku gerakan mereka di Konser Putih bersatu adalah bentuk ekspresi bahu membahu mendukung Indonesia Maju bersama Jokowi. Nilai-nilai kerelaan, keikhlasan dan kemanusiaan, juga gotong royong sedikitnya berangkat dari pesan Ma’ruf ketika bertemu mereka di Banten beberapa waktu lalu.

"Tolong Indonesia, bantu negara, hidup yang jujur dan selalu membantu sesama," tutupnya.(Asp/Knu)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH