Tak Kantongi Izin, Panitia SPK 1965/1966 Sesalkan Tindakan Kepolisian Suasana terkini depan Gedung LBH Jakarta. (Istimewa)

MerahPutih.com - Panitia penyelenggara seminar Sejarah Pengungkapan Kebenaran (SPK) 1965/1966 menyesalkan sikap kepolisian yang tak juga memberikan izin acara yang dilaksanakan hari ini dan besok di Gedung LBH Jakarta.

Selain itu, panitia juga menyayangkan pemblokadean pihak kepolisian. Sehingga, peserta dan panitia harus duduk di depan barikade kepolisian.

Menurut salah seorang panitia Bonnie Setiawan, alasan polisi tak beri izin kegiatan tersebut adalah hal aneh. Bagi Bonnie, surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian hanya dibutuhkan jika kegiatan dilangsungkan di muka umum.

"Sedangkan kegiatan yang dilakukan di LBH Jakarta tidak termasuk di muka umum, dan kegiatan ini pun bukanlah kegiatan yang terbuka untuk umum," kata Bonnie dalam keterangannya, Sabtu (16/9).

Bonnie menegaskan, seminar SPK 1965/1966 merupakan sebuah forum untuk berdiskusi dan berdialektika untuk mencari sebuah kebenaran sejarah bangsa.

Upaya ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan untuk terus mendukung Indonesia agar menjadi sebuah bangsa yang besar, yang menghargai setiap sejarah bangsa, mengakui jika memang pernah terjadi kesalahan dalam sejarah masa lalu.

"Sekaligus membuka kepada publik bahwa kebenaran sejarah tidak mutlak hanya dimiliki oleh rezim yang pernah berkuasa," tandasnya. (Ayp)

Baca berita terkait seminar SPK 1965/1966 lainnya di: Ratusan Polisi Jaga Aksi Seminar 65/66

Kredit : anggayudha

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH