Tak Kalah Berkualitas dan Kekinian, Yuk Dukung Produk Fashion Anak Bangsa! Brand Lokal Wajib Di dukung Secara Penuh (Foto: Mjk)

TANPA disadari tren fashion 2020 di Indonesia semakin meningkat dengan kehadiran beberapa produk lokal yang menyebar luas. Bagi sebagian anak muda, penampilan menjadi salah satu aspek terpenting yang selalu diperhatikan setiap harinya. Namun, sungguh disayangkan tren fashion anak muda sempat memuncak dari produk-produk luar negeri ketimbang produk dalam negeri.

Baca juga:

Tren Sneakers Lokal Diprediksi Akan Meningkat di 2020

Menurut data Outlook Ekonomi Kreatif 2017 yang diterbitkan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, sub sektor fashion merupakan salah satu sub sektor ekonomi kreatif dengan nilai pendapatan terbesar (pada tahun 2016), mencapai angka 166 triliun dan berkontribusi sebesar 18,01% terhadap PDB Ekraf.

Secara umum, nilai ekspor produk fashion Indonesia pada 2015 mencapai USD 10,90 Miliar, meningkat sebesar 1,84% dibandingkan eksport di tahun 2014 dan memberikan kontribusi sebesar 54,54% terhadap total nilai ekspor sektor ekraf. Nilai tersebut menjadikan sub sektor fashion sebagai salah satu industri yang sangat penting bagi ekonomi kreatif.

Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa aksi kamu dalam mendukung dan menggunakan produk dalam negeri akan sangat mempengaruhi ekonomi nasional. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus mendukung brand lokal khususnya dalam industri fashion.

1. Rasa Bangga terhadap Kreasi Anak Bangsa

Rasa Bangga terhadap Kreasi Anak Bangsa
Motor Karya Anak Bangsa (Foto: GarduOto)

Mendukung brand lokal, artinya kamu berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kamu juga memberikan sikap nasionalisme sebagai anak Indonesia dengan memakai kreasi anak bangsa yang tidak kalah bagus dengan brand luar negeri.

2. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Memperluas Lapangan Pekerjaan
Memperluas Lapangan Pekerjaan (Foto: unsplash/you x ventures)

Menggunakan produk lokal bukan hanya menguntungkan diri kamu saja, namun juga orang lain. Secara tidak langsung, kamu ikut terlibat dalam memperluas lapangan kerja orang indonesia.

Baca juga:

Kreatif dan Unik, 3 Brand Lokal ini Jadi Favorit Presiden Jokowi

3. Harga yang Lebih Terjangkau

Harga yang Lebih Terjangkau
Harga Lebih Terjangkau (Foto: unsplash/dmitry demidko)

Sudah pasti harga yang dijual oleh produk lokal akan jauh lebih murah ketimbang dengan harga produk impor. Selain lebih murah, produk yang diperjual belikan memiliki kualitas yang sama, bukan abal-abal.

4. Mendukung Pendapatan Negara

Mendukung Pendapatan Negara
Membantu Pendapatan Negara (Foto: unsplash/austin distel)

Dengan gencarnya dukungan terhadap brand lokal, sumber pendapatan negara akan meningkat karena pertumbuhan produk lokal hingga melakukan ekspor ke luar negeri. Keuntungan hasil penjualan akan otomatis menjadi aliran pendapatan negara, begitu juga dengan sebaliknya.

Jika masyarakat terus-menerus membeli produk luar negeri maka importir tidak henti-hentinya memasok produk ke Indonesia sehingga yang terjadi adalah aliran pengeluaran dan menguntungkan luar negeri bukan negeri sendiri. (Nic)

Baca juga:

Brand Lokal ini Wajib Dikoleksi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH