Tak Ikuti Aturan Anies, Wisata Ancol Hari Pertama Lebaran Tetap Buka Pantai Ancol jadi tujuan favorit perayaan Tahun Baru. (Foto: instagram.com/ancoltamanimpian)

MerahPutih.com - Wisata Taman Impian Jaya Ancol yang terletak di Jakarta Utara akan menerima kunjungan masyarakat umum pada hari pertama peringatan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Lantaran wisata laut tersebut tidak menerapkan Peraturan Gubernur (pergub) DKI Jakarta nomor 63 Tahun 2018, tentang optimalisasi kegiatan dan penanganan pengunjung di tempat-tempat wisata pada hari-hari tertentu.

Salah satu sudut di tempat wisata Ancol. (Foto: instagram.com/ancoltamanimpian)
Salah satu sudut di tempat wisata Ancol. (Foto: instagram.com/ancoltamanimpian)

"Iya. Ancol tetap buka pada hari pertama Idulfitri atau lebaran," kata Manajer Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari kepada MerahPutih.com, Senin (6/5).

Menurut Rika, aturan Pergub nomor 63 tahun 2018 itu hanya di peruntukan bagi wisata di ibu kota yang di kelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Wisata Ancol sendiri, dikelola pihak perusahaan swasta, yakni PT Taman Impian Jaya Ancol (TIJA). Dengan demikian, Ancol akan tetap buka melayani pengunjung saat Lebaran hari pertama.

"Jika merujuk dalam salah satu isi pergub tersebut yang menjelaskan tempat wisata yang dikelola oleh Pemprov DKI, sementara Ancol merupakan tempat wisata yang dikelola oleh swasta, maka Ancol tidak mengikuti Pergub tersebut," tuturnya.

Lain nasib dengan Wisata Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan yang tidak menerima kunjungan pada hari pertama Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Aturan penutupan kunjungan hari pertama lebaran itu tertuang sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 63 tahun 2018.

"Hari pertama lebaran 2019/1440 H Ragunan tutup pelayanan untuk umum," kata Juru bicara TMR Ketut Widarsana.

Ketut pun mengingatkan pada warga yang ingin berwisata ke Ragunan untuk menyiapkan kartu Jakcard Bank DKI dan pastikan saldo mencukupi.

"Kalau mau masuk ke Ragunan menggunakan kartu Jakcard Bank DKI dan pastikan saldo sudah mencukupi itu yang penting. Biar nggak antre lama-lama gitu yah," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Tunduk Aturan Anies, Kebun Binatang Ragunan Tutup

Kredit : asropih


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH