Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker Kanker dapat dicegah hanya dengan jenis rempah (Foto: pexels/Miguel Á. Padriñán)

GILIRAN Indonesia yang kini dihebohkan dengan kasus virus Corona, itu terjadi setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa terdapat dua orang warga negara Indonesia yang terinfeksi COVID-19.

Pasca pengumuman tersebut, banyak warga yang panik dan melakukan persiapan seperti yang terjadi di Tiongkok. Dari memborong bahan makanan hingga mencari masker juga hand sanitizer yang kemudian menjadi langka dan harganya melambung sangat tinggi.

Maraknya pemberitaan tentang virus corona seakan menutupi isu-isu lainnya. Namun, bukan berarti kita mengabaikan isu kesehatan lain. Kanker misalnya, penyakit kronis yang satu ini masih berada di jajaran atas penyebab kematian seseorang.

Baca juga:

Mpon-Mpon, Olahan Rempah Khas Indonesia Bisa Tangkal Virus Corona?

Kanker juga salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti, namun kurang diperhatikan. Kematian menjadi resiko yang dapat dialami bagi seorang penderita kanker. Biasa disebut neoplasma ganas, adalah sebuah penyakit di mana jaringan tubuh rusak tak terkendali oleh sel-sel abnormal.

Hal tersebut membuat banyak orang melakukan berbagai usaha sebagai bentuk antisipasi agar tidak terserang penyakit mematikan ini, tak terkecuali menggunakan rempah-rempah. Melansir laman ncbi.nlm.nih.gov, beberapa jenis rempah dan bumbu dapur sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak industri farmasi yang fokus mengerjakan obat pencegah kanker. Simak di bawah ini!

Cabai

Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker
Terkandung senyawa capsaicin. (Foto: pexels/Jessica Lewis)

Dikenal memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya untuk penyakit kanker. Di dalam cabai terkandung senyawa capsaicin, di mana memiliki manfaat untuk menetralisir pertumbuhan kanker dalam tubuh.

Daun Serai

Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker
Mengandung senyawa citral. (Foto: pixabay/leoleobobeo)

Masuk dalam kategori tumbuhan jenis rerumputan yang memiliki manfaat untuk kesehatan pada bagian daunnya. Salah satunya adalah untuk mengobati penyakit kanker.

Dalam daun serai terkandung senyawa yang dinamai citral, merupakan zat anti-kanker yang berkhasiat untuk membasmi sel kanker dalam tubuh. Dapat diracik dengan cara merebus daun serai sebanyak 4-6 lembar menggunakan air panas.

Baca juga:

Rempah Nikmat Kaya Manfaat

Kapulaga

Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker
Masuk dalam kategori jahe-jahean.(Foto: pixabay/kwol)

Merupakan jenis buah-buahan yang masuk kategori jahe-jahean, kapulaga biasa dijadikan sebagai rempah. Buah kapulaga mengandung zat anti-karsinogenik, yang sangat berguna mencegah penyakit kanker.

Kunyit

Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker
Dapat memusnahkan sel kanker. (Foto: pexels/Skitterphoto)

Mengandung zat anti-oksidan yang bernama curcumin yang berkhasiat sebagai anti-oksidan untuk memusnahkan sel-sel kanker yang berbahaya. Kunyit dapat diolah dengan cara dimakan langsung atau diparut lalu diseduh dengan air.

Bawang Putih

Tak Hanya Virus Corona, 5 Rempah ini Juga Bisa Kurangi Risiko Kanker
Mengandung zat anti-bakteri allicin (Foto: pexels/Engin Akyurt)

Biasa dipilih sebagai bumbu dasar banyak jenis masakan, bawang putih memiliki aroma yang khas, berperan menambah cita rasa makanan.

Bawang putih mengandung zat anti-bakteri allicin yang terbukti berperan menyembuhkan penyakit kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya. (Lgi)

Baca juga:

Jangan Asal Gunakan Buah untuk Infused Water, Ini Alasannya

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH