Tak Hanya Tubuh, Rumahmu Perlu di Detoksifikasi Saat Puasa Rumah perlu di detoks juga loh! (Foto: Healthy House)

PUASA merupakan detoksifikasi paling efektif bagi tubuh. Itu dikarenakan selama proses berpuasa racun-racun akan dikeluarkan dari tubuh. Supaya proses pembuangan racun lebih efektif, kita juga perlu melakukan detoksifikasi lingkungan.

Detoksifikasi lingkungan perlu dilakukan karena racun yang dapat membahayakan kesehatan kita tak hanya ada di dalam sistem tubuh tetapi juga di lingkungan sekitar. Menurut survei yang dilakukan The German Environmental, udara yang ada di dalam rumah atau bangunan lebih berpolusi dibandingkan udara di luar ruangan. Racun paling kritis justru ada di dalam rumah. Setiap objek yang ada di rumah seperti matras, lantai, hingga furnitur mengandung berbagai macam racun kimiawi. Berikut cara sederhana untuk detoksifikasi rumahmu:

1. Ganti Berbagai Produk Kimia Menjadi Produk Natural

Bunga
Aroma Terapi Alami (Foto: Bustle)

Pilihlah bunga segar atau rempah-rempah seperti rosemary untuk aroma terapi. Selain lebih alami dan bebas zat kimia, produk-produk natural semacam itu juga menenangkan. Rumahmu banyak nyamuk atau serangga? kamu bisa melengkapi rumahmu dengan tanaman pengusir serangga. Untuk makanan, kamu bisa menghindari racun dengan cara menanam sendiri sayuran dan buah-buahan yang hendak dikonsumsi.

2. Kurangi Penggunaan Plastik

Kurangi penggunaan plastik
Kurangi plastik (Foto: Observer)

Sebagian besar plastik mengandung Bisphenol A (BPA) yang dapat menyebabkan kanker. Mengurangi penggunaan plastik merupakan cara terbaik ununtuk membatasi polutan lingkungan. Untuk menyajikan santapan sahur dan berbuka kamu bisa menggunakan piring kaca. Jika ingin menggunakan piring dan gelas plastik, pastikan ada label BPA Free. Jika ingin membeli takjil untuk berbuka, kamu bisa membawa kantung kain atau goni untuk mengurangi penggunaan plastik.

3. Hindari Teflon Anti Lengket

Teflon Anti Lengket
Teflon Anti Lengket Berbahaya (Foto: JML Direct)

Teflon anti lengket adalah salah satu benda kesayangan kamu yang hobi memasak. Bagaimana tidak? Keberadaannya membuat kegiatan memasak hidangan sahur dan berbuka jadi lebih menyenangkan dan mudah. Kamu tak perlu usaha ekstra untuk membolak balikkan masakan. Tahukah kamu bahwa teflon anti lengket kesayanganmu tersebut justru mengandung banyak racun berbahaya? Panci dan teflon anti lengket biasanya dilapisi perfluorinated yang dapat menyebabkan berkembangnya kanker dalam tubuh. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolesi teflon atau panci biasa dengan margarin atau sedikit minyak sebelum dipakai.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara

Detoks Rumah
Perhatikan Sirkulasi Udara (Foto: Homebuilding and Renovating)

Buka jendela dan pintu sebanyak yang kamu bisa. Bersihkan saluran ventilasi secara teratur agar tidak ada debu dan racun yang berpotensi terhirup. Kegiatan membersihkan ventilasi bisa dijadikan ajang menunggu waktu berbuka puasa nih!

5. Gunakan Filter Air Minum

Allure
Gunakan Filter Untuk Air Minum (Foto: Allure)

Potensi racun masuk dalam tubuh paling besar terjadi saat kita minum air. Kita tak pernah tahu ada berapa banyak bakteri yang terkandung dalam air yang kita konsumsi setiap harinya. Salah satu cara paling bijak dan cerdas adalah dengan menggunakan filter air minum. Penggunaan filter pada dispenser dapat mengontrol bakteri dalam air minum. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia