Tak hanya Tampilan, Rasa Harus Jadi Prioritas Pengusaha Kuliner Rasa makanan lebih penting ketimbang tampilan. (foto: pixabay/ritaE)

MEDIA sosial mengubah cara orang dalam mempromosikan barag atau jasa. Seperti promosi tempat makan misalnya. Banyak kafe dan restoran yang sengaja merancang tampilan Instagram yang apik. Semua itu demi menarik pengunjung untuk datang.

Namun sesungguhnya, bagi pengusaha kuliner, tampilan promo Instagram yang ciamik saja tidaklah cukup. Rasa ialah penentu bertahan atau tidaknya usaha kuliner kamu.

BACA JUGA: 5 Game di Ponsel Jadul Nokia yang Bikin Kangen

Hal itu diungkapkan chef Yuda Bustara dan chef Saskyra Rosano saat ditemui Merahputih.com pada ajang Surganya Pencinta Makanan by Endues T di Jakarta, pekan lalu. "Mau secantik apa pun foto makanan di Instagram, tetap saja saya pribadi memilih makan di tempat yang saya tahu sudah pasti enak," ujar chef Yuda.

Minat konsumen pada cita rasa makanan yang lezat harus menjadi perhatian para pengusaha bidang kuliner. Itulah mengapa chef yang telah delapan tahun berkarier di bidang kuliner itu mengatakan tempat makan boleh saja bagus dan instagramable, tapi rasa tetap yang paling penting. "Karena rasa ini bisa membuat oranng nyaman," ujar chef Yuda.

yuda bustara
Chef Yuda Bustara menekankan pentingnya rasa makanan yang disajikan. (foto: Instagram @yudabustara)

Senada, chef Saskyra Rosano mengatakan makanan unik boleh saja asalkan tetap dengan rasa yang enak. “Kalau hanya cantik doang pasti kesana cuma foto trus enggak balik lagi. Ya, jadi enggak bertahan lama.,” ujar chef lulusan Le Cordon Bleu ini.

Keduanya menyarankan para pengusaha kuliner untuk menciptakan dan mempertahankan rasa dengan cara advice flavor. Itu berarti pemilik usaha kuliner wajib mengontrol bagian dapur. Pemilik usaha wajib aktif mengecek apakah ada perubahan pada bahan makanan atau bumbunya. "Penyebab utama makanan jadi tak lagi enak ialah sikap cuek pemilik terhadap proses memasak," ujarnya.(kiell)

BACA JUGA: Wow! Makanan Tradisional Indonesia Berikut Punya Sejarah Unik



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH