Tak Hanya Pantai,  Air Terjun di Lombok Layak di Kunjungi Nikmati kesejukan dan keindahan panorama air terjun di Lombok. 9Foto: backpackerjakarta)

LOMBOK terkenal akan pantainya yang eksotis dan alami. Rupanya, wisata air yang terdapat di Lombok tak hanya pantai loh. Selain pantai, Lombok ternyata juga memiliki sejumlah air terjun yang tak kalah eksotis dan indah. Berikut air terjun yang harus masuk bucket list-mu:

1. Air Terjun Mangku Sakti

lombok
Mangku Sakti sangat eksotik. (Foto: Belombok)

Untuk dapat merasakan sensasi air terjun yang eksotis kita tak perlu jauh-jauh ke Hawai. Lombok juga menawarkan hal yang sama. Air Terjun Mangku Sakti merupaan air terjun paling eksotis di Lombok. Ngarai di tempat ini bagaikan pahatan yang sangat mengagumkan. Erosi alami membuat ngarai di sini layaknya pahatan alam. Sungai yang mengalir dari Danau Segara Anak jatuh ke air terjun ini. Lokasi Air Terjun Mangku Sakit yakni di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun. Kita perlu berhati-hati karena di beberapa bagian, medannya curam dan berbatu.

2. Air Terjun Benang Kelambu

lombok
Air Terjun Benang Kelambu bak untaian benang kelambu. (Foto: udaindra)

Sesuai namanya, air terjun ini mirip dengan untaian benang kelambu berwarna putih yang jatuh melalui pepohonan. Air terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rinjani dan tersembunyi di persawahan. Untuk dapat ke sana, kita harus berjalan kaki sejauh 500 meter.

3. Air Terjun Tiu Kelep

lombok
Air terjun Tiu Kelep berada di kerimbunan hutan. (Foto: sportourism)

Air terjun Tiu Kelep letaknya cukup terpencil dan tersembunyi. Untuk mencapai tempat tersebut, kita harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Waktu yang harus ditempuh ke Air Terjun Tiu Kelep dari Mataram adalah 3 jam. Perjuangan kita tak hanya sampai di situ. Kita juga harus melewati hutan lebat, menaiki tangga dan menyeberangi jembatan beton di atas tebing yang tinggi. Jalan menuju ke sana dipenuhi lumut yang licin. Diperlukan konsentrasi dan kehati-hatian agar tidak jatuh Supaya tak tersesat, kita bisa menggunakan jasa pemandu lokal.

4. Air Terjun Gangga

lombok
Air terjun dengan panorama paling juara. (Foto: surgawisata)

Jika India punya sungai Gangga, Lombok punya Air Terjun Gangga. Air terjun ini terletak di antara Desa Gangga dan Desa Kerta Raharja, Lombok Utara. Air terjun Gangga terdiri atas tiga air terjun. Jalan yang harus ditempuh untuk mencapai air terjun pertama memang tak mudah. Meski demikian, begitu tiba di sana kita disuguhkan tiga pemandangan alam sekaligus yakni air terjun, sawah, dan laut. Air terjun kedua posisinya agak tersembunyi yakni di dalam gua. Letaknya persis di belakang air terjun yang pertama. Sementara air terjun ketiga berada di paling ujung. Air terjun ketiga cukup sepi pengunjung karena letaknya yang cukup jauh dari kedua air terjun sebelumnya. Tak hanya air terjun, sepanjang jalan kita juga bisa menikmati alam dengan menyusuri pepohonan kakao, matoa, kopi, vanilla dan lain-lain. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH