Tak Hanya Memabukkan, Catnip Punya Manfaat Lain untuk Kucing Kucing-kucing bermain dengan tanaman catnip. (Foto: 123RF/jcsmilly)

SEBUAH studi baru menemukan tanaman seperti catnip (Nepeta cataria), silver vine (Actinidia polygama), atau yang umum ditemukan sebagai tanaman liar di Indonesia yaitu tanaman kucing galak atau kucing-kucingan (Acalypha indica) juga dapat melindungi teman kucing dari nyamuk.

Kamu pasti pernah melihat kelakukan kucing yang mendapat catnip atau berada di dekat tanaman-tanaman itu. Ketika ditawari potongan tanaman, yang mengandung bahan kimia yang mirip dengan yang ditemukan di catnip, kebanyakan binatang peliharaan ini akan mendengkur, meneteskan air liur, dan menggosokkan wajah mereka ke daun dan batangnya yang memabukkan. Mereka akan masuk dalam kondisi bahagia katatonik.

Baca juga:

Fakta Menarik Kucing Oyen yang Terkenal Barbar

Namun, kegembiraan yang luar biasa mungkin bukan satu-satunya alasan kucing senang tanaman ini. Penelitian baru menunjukkan, senyawa yang dicampur ke dalam tanaman seperti catnip, silver vine, atau tanaman kucing-kucingan juga dapat membantu kucing mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lain.

Tanaman-tanaman tersebut dapat menjadi pembasmi serangga alami yang lebih menyenangkan untuk digunakan dari pada zat kimia DEET [diethyltoluamide, bahan aktif dalam pembasmi serangga] yang berminyak.

Penelitian lain juga telah menunjukkan efek pembasmi serangga pada catnip dan tanaman serupa. Tetapi studi baru, yang diterbitkan pada Januari 2021 di jurnal Science Advances ini, menjadi yang pertama menarik hubungan langsung antara tanaman dan efek perlindungannya pada kucing.

“Ini adalah pengamatan yang sangat menarik, bahwa perilaku kucing pada catnip bisa jadi memiliki manfaat lain yang kurang mendapat perhatian,” kata Laura Duvall, seorang peneliti nyamuk di Universitas Columbia di New York yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut seperti diberitakan nytimes (27/1).

Tak Hanya Memabukkan, Catnip Punya Manfaat Lain untuk Kucing
Pohon catnip segar di taman. (Foto: 123RF/Amelia Martin)

Secara botani, catnip dan silver vine adalah sepupu jauh. Namun, keduanya mengandung iridoid, rangkaian bahan kimia yang tampaknya sangat menggelitik sirkuit kesenangan pada otak kucing.

Untuk menunjukkan dengan tepat akar evolusi dari hubungan tumbuhan-kucing ini, tim peneliti yang dipimpin oleh Masao Miyazaki, seorang ahli biokimia dan ilmuwan kedokteran hewan di Universitas Iwate di Jepang, mengumpulkan sekelompok kucing, sebagian domestik, sebagian liar, dan memantau tanggapan mereka terhadap iridoid diekstrak dari pohon silver vine yang tumbuh subur di banyak bagian pegunungan di Asia.

Disajikan dengan potongan kertas yang diberi iridoid, sebagian besar kucing memulai ritual berguling-guling dan menggosok-gosokkan kepalanya. Beberapa kucing sangat ingin terlibat dengan senyawa tersebut sehingga mereka memanjat sisi kandang mereka untuk mengolesi diri mereka dengan kertas yang dibasahi bahan kimia tersebut yang dipasang di langit-langit. Padahal, beberapa kandang tingginya hingga 1,2 meter.

Bahan kimia tersebut tampaknya memiliki pengaruh yang sama terhadap kucing besar di kebun binatang, termasuk macan tutul, dua jaguar, dan dua lynx.

Setelah mengamati rongga kucing, Dr. Miyazaki dan rekan-rekannya merasa yakin bahwa bahan kimia tersebut memberikan manfaat. Mengambil isyarat dari penelitian sebelumnya tentang kualitas catnip yang bisa mengusir serangga, para peneliti selanjutnya menggosokkan iridoid anggur perak pada kepala beberapa kucing rumahan, atau membiarkan kucing menerapkan zat itu sendiri, dan menempatkan hewan dalam jangkauan lusinan nyamuk yang haus. Serangga menggigit wajah kucing yang tidak diolesi iridoid, tetapi melewati kucing yang diolesi.

Baca juga:

Menjaga Bulu Kucing Terawat Mudah

Asal usul respons catnip telah membingungkan para ahli perilaku hewan selama bertahun-tahun. Para ahli sebelumnya telah mencurigai adanya hubungan dengan perilaku bermain atau kawin, yang juga menyebabkan kucing berguling-guling.

Namun, temuan baru ini menunjukkan bahwa kucing, yang dapat tertular infeksi cacing jantung dari gigitan nyamuk, mungkin juga mendapatkan beberapa manfaat obat dari kegemaran mereka pada tanaman-tanaman ini, kata Mikel Delgado, seorang ahli perilaku kucing di University of California, Davis yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Tak Hanya Memabukkan, Catnip Punya Manfaat Lain untuk Kucing
Seekor kucing mendekati tanaman kucing-kucingan. (Foto: 123RF/supaleka)

Penemuan manfaat catnip pada kucing ini bukan contoh pertama hewan yang mengolesi dirinya sendiri dengan senyawa tumbuhan untuk meningkatkan kesehatan.

Sampai kualitas penangkal serangga dari catnip dan silver vine ini lebih jelas, Dr. Delgado mengatakan tidak akan merekomendasikan tanaman sebagai bahan alami penolak serangga, baik untuk kucing maupun manusia.

Miyazaki lebih optimistis. Dalam eksperimen satu kali, dia mengolesi lengannya dengan iridoid dan memasukkannya ke dalam kandang nyamuk. Serangga menjauh, tapi menggigit bagian tubuh lain yang tidak dioles. “Kami berharap bisa menggunakannya untuk manusia di masa depan,” tegasnya. (aru)

Baca juga:

Alasan Orang Enggan Pelihara Kucing Hitam

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hubungan Bermasalah dan Pencurian Besar dalam Film 'Locked Down'
ShowBiz
Serial 'Superman & Lois' Rilis Trailer Baru
ShowBiz
Serial 'Superman & Lois' Rilis Trailer Baru

Spin-off dari crossover Crisis on Infinite Earths ini, akan menampilkan Clark Kent bersama keluarganya kecilnya.

'Lebih Baik Minta Maaf daripada Minta Izin' Jurus Pria Negeri Aing Redam 'Polda'
Fun
'Lebih Baik Minta Maaf daripada Minta Izin' Jurus Pria Negeri Aing Redam 'Polda'

Sudah minta izin tetap dimarahi terus ujungnya tidak boleh juga jadi alasan mengambil jalan pintas lebih baik minta maaf setelahnya.

Dibawa 'Santuy' Saja, 4 Kesalahan Ini Termaafkan
Fun
Dibawa 'Santuy' Saja, 4 Kesalahan Ini Termaafkan

Jangan terlalu dipikirkan kalau pernah melakukan kesalahan ini.

Para Pelaku Bisnis F&B: Percuma Kalau PSBB Cuma di Jakarta
Fun
Para Pelaku Bisnis F&B: Percuma Kalau PSBB Cuma di Jakarta

PSBB jilid 2 Jakarta untuk kesehatan warga.

Hobi Gowes? Ketahui Isyarat Tangan saat Bersepeda di Jalan Raya
Fun
Hobi Gowes? Ketahui Isyarat Tangan saat Bersepeda di Jalan Raya

Penting untuk mengetahui isyarat tangan saat mengendarai sepeda baik sendiri maupun berkelompok.

Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya'
Hiburan & Gaya Hidup
Modus-Modus Orang Minta Maaf Palingan di Ujung Ada 'Maunya'

Kenali deretan alasan orang minta maaf paling ada maunya, dari mulai untuk meminjam uang dan sebagainya

Viral, Debt Collector Tagih Hutang dengan Ribuan Kecoa
Fun
Viral, Debt Collector Tagih Hutang dengan Ribuan Kecoa

Kecoak tersebut berkeliaran di restoran.

Sophie Turner Jadi Pengisi Suara Putri Charlotte di Serial Animasi 'The Prince'
ShowBiz
Sophie Turner Jadi Pengisi Suara Putri Charlotte di Serial Animasi 'The Prince'

animasi yang menggambarkan keluarga kerajaan Inggris lewat sudut pandang Pangeran George.

Pesan di Balik 3 Tanda yang Dibawa Para Pendemo Black Lives Matter
Fun
Pesan di Balik 3 Tanda yang Dibawa Para Pendemo Black Lives Matter

Seorang veteran perang Vietnam juga menggunakan hak suaranya untuk demo Black Lives Matter