Tak Hanya Isinya yang Sehat, Kotak Bekal juga Harus Aman Kotak bekal dan alat makan wajib diperhatikan keamanannya.(foto: pixabay/jyleen21)

TUJUAN utama saat membawa bekal sudah pasti menyediakan makanan sehat meski sudah di luar rumah. Dengan begitu, sudah pasti isi bekal dibuat dan diusahakan sesehat mungkin. Kamu akan rela meluangkan waktu untuk memasak makanan yang sehat.

Nah, dalam hal membuat makanan sehat, alat masak yang aman penting diperhatikan. "Kalau alat masak, yang paling penting kan wajan ya. Satu hal yang harus diperhatikan apakah alat masak itu PFOA free atau tidak," jelas Yenny Kusuma Hendra dari Kumala Home & Kitchen (KHK), saat ditemui Merahputih.com di Ramurasa Cooking Studio, Kemang, Jumat (5/4).

PFOA merupakan salah material yang bisa menyebabkan tiroid, kanker, termasuk anak-anak yang mengidap spektrum autisme. "Mereka itu harus sangat berhati-hati untuk memilih peralatan masak," saran Yenny.

Lebih jauh Yenny menyarankan orangtua untuk lebih teliti dalam memilih alat masak, termasuk alat makan. Ia mengatakan alat makan haruslah aman karena akan berinteraksi langsung dengan tubuh kita. "Misalkan sendok nih, berapa kali coba, itu masuk mulut saat makan? Pernah enggak terpikir apakah sendok ini dibuat dari bahan yang aman atau tidak? Apalagi kalau sendoknya sampai karatan. Itu bahaya banget kalau masuk ke mulut kita," jelasnya.

Selain itu, ia juga menyoroti gelas minum yang biasa dipakai untuk minum teh atau kopi. Gelas yang baik seharusnya bebas timbal. "Dari mana bisa tahu bebas timbal atau enggak, ada caranya. Misalkan gelas yang sering dipakai minum kopi atau teh lalu dalam waktu singkat gelasnya langsung terlihat buram atau bahkan membekas warna kopi atau teh. Itu artinya gelas mengandung timbal," kata Yenny.

Untuk menghindari timbal dalam gelas minum, perempuan yang telah tujuh tahun membawa Duralex ke Indonesia ini menyarankan untuk selalu membuang sisa teh atau kopi dalam gelas kamu. "Jangan biarkan gelas terisi kopi atau teh semalaman. Itu ada reaksi kimianya. Bisa berbahaya," katanya.


Pilihan Kotak Bekal yang Aman

duralex lunch box
Kotak bekal berbahan kaca jauh lebih aman karena tanpa pori-pori. (foto: Instagram @duralexusa)


Sebagai seorang ibu, Yenny mengaku selalu membawakan bekal untuk dirinya dan sang anak, bahkan hingga anak menginjak usia remaja. "Saya sih, kalau ke kantor saja, pasti bawa bekal dari rumah," ujarnya.

Ia beralasan membawakan bekal ialah salah satu cara untuk menjamin sang anak makan dengan kecukupan gizi yang tepat. "Karena saya kan bekerja, jadi enggak selalu bisa memantau anak-anak. Membawa bekal ini membuat saya tenang karena makanan mereka terjamin," ujarnya.

Selain menu yang terjamin, Yenny juga memperhatikan kotak bekal yang digunakan. Ia sudah tentu memilih kotak bekal yang sehat dan aman. "Kotak bekal ini kan sekarang bahannya beragam. Dari plastik, metal, silikon, sampai kaca. Kalau saya sih cenderung memilih yang berbahan kaca," jelasnya.

Menurutnya, bahan kaca tidak memiliki pori-pori sehingga kecil kemungkinan membawa partikel atau bakteri ke dalam makanan. "Beberapa produk kaca microwave save. Jadi aman buat makanan. Memanaskan makanan pun jadi lebih gampang," ujarnya.

Kelebihan lain kotak bekal kaca ialah daya tahan yang tinggi. Dengan standar microwave save, kotak bekal kaca bisa digunakan menyimpan makanan ke dalam freezer lalu langsung dipanaskan ke dalam microwave. Selain itu, umur pakainya pun panjang. "Selama belum pecah, ya enggak usah diganti," tutupnya.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH