Tak Hanya Daging Sapi, Ini Rendang Beragam Bahan yang Paling Diminati Rendang paru salah satu varian dari rendang. (Foto: instagram@rendangmamatara)

RENDANG merupakan salah satu makanan dari Ranah Minang paling populer. Tak hanya terkenal ke berbagai daerah di Indonesia, rendang juga telah mewakili Indonesia sebagai makanan terenak di dunia.

Olahan rendang ditemukan di seluruh wilayah Sumatera Barat. Begitu juga dengan Payakumbuh, sebuah kota yang berjarak 120 km ke arah timur laut Kota Padang. Bahkan Kota Payakumbuh menjadikan olahan daging yang tahan lama itu jadi ikon. Secara lebih khusus untuk memperkuat branding rendang Payakumbuh atau rendang khas Kota Payakumbuh ke dunia.

Di Payakumbuh, rendang semakin berkembang dengan banyak varian. Setidaknya ada 30 varian rendang dengan berbagai macam bahan di Kampung Rendang. Kampung rendang ini merupakan sebuah kampung yang dipromosikan pemerintah setempat untuk mengembangkan rendang.

Namun, dari ke-30 jenis rendang, baru kurang dari sepuluh yang telah eksis dan banyak diminati. Berikut merahputih.com sebutkan lima di antaranya;


1. Rendang telur

Rendang telur. (Foto: Instagram @tariiiiitariiiii)
Rendang telur. (Foto: Instagram @tariiiiitariiiii)


Sebagian mungkin menganggap rendang telur merupakan telur yang dibikin rendang. Rendang telur berbentuk keripik dengan bumbu-bumbu rendang keriing. Rendang telur berbahan baku tepung terigu. Sedangkan rendang berbentuk telur biasanya disebut gulai telur.

2. Rendang paru

Rendang paru kering. (Foto: instagram.com/rendangomayuli)
Rendang paru kering. (Foto: instagram@endangomayuli)

Rendang paru seperti pada namanya terbuat dari bahan utama paru-paru. Rendang paru diakui sangat nikmat. Bagi kamu pencinta rendang harus coba jenis ini. Paru-paru terlebih dahulu dibersihkan dan direbus setengah matang. Setelah itu potong-potong dan diiris tipis. Baru setelah itu dimasak dengan bumbu rendang.


3. Rendang suir ayam

Rendang suir ayam. (Foto: instagram.com/dapuradis)
Rendang suir ayam. (Foto: instagram@dapuradis)

Rendang suir ayam cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Rendang suir ayam atau ayam suir rendang sangat diminati sebagai salah satu olahan dari Payakumbuh. Sama seperti pembuatan rendang pada umumnya, rendan suir ayam hanya berbeda pada penggunaan bahan. Ayam terlebih dahulu direbus, kemudian disuir-suir, setelah itu baru dimasak rendang.


4. Rendang jamur

Rendang jamur. (Foto: instagram.com/myhealthyfebee)
Rendang jamur. (Foto: instagram@yhealthyfebee)

Kalau kamu bosan dengan menu rendang berbahan daging, rendang jamur bisa jadi pilihan. Seperti halnya rendang suir ayam, rendang jamur juga biasa terlebih dahulu disuir sebelum dijadikan rendang. Rendang jamur dimasak hingga kering.

5. Rendang belut

Rendang belut. (Foto: instagram.com/seenaknya_musimpadang)
Rendang belut. (Foto: instagram@seenaknya_musimpadang)

Nah, jenis terakhir yaitu rendang belut. Belut yang terkenal enak dimasak dengan olahan apa pun sangat pas dipadu dengan bumbu rendang. Tak hanya di Payakumbuh, rendang belut juga populer di Batusangkar. Di sana rendang belut tak hanya sebagai makanan rumaha, tapi juga bagian dari acara adat. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Galaimai, Si Manis Legit dari Payakumbuh

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH