Tak Hadiri Pelantikan Pimpinan MPR, Zulhas Hormati Sikap PPP

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 26 Maret 2018
Tak Hadiri Pelantikan Pimpinan MPR, Zulhas Hormati Sikap PPP
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan tidak mempermasalahkan sikap Fraksi PPP di MPR yang absen menghadiri pelantikan pimpinan MPR baru.

Zulhas mengaku menghormati sikap tersebut sebagai perbedaan pendapat di era demokrasi terkini. "Kita hormati kan haknya demokrasi seperti itu," kata dia di kompleks parlemen Jakarta, Senin (26/3).

Namun demikian, Ketum PAN itu mengajak agar tetap mendukung seluruh program MPR ke depannya.

"Kita ingin membenahi sistem politik kita sekarang ini, agar sistem politik ini dapat berlangsung baik demokrasi pancasila dapat menghasilkan pemimpin yang legitimate yang melayani," kata dia.

Sebelumnya, Fraksi PPP di MPR menyampaikan protes perihal satu dari tiga tambahan pimpinan MPR RI yang dinilai belum selesai dan harus didiskusikan dengan para ahli.

Hal itu terkait Pasal 427A ayat (c) UU nomor 2 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD disebutkan penambahan wakil ketua MPR diberikan kepada partai yang memperoleh suara terbanyak di DPR dalam pemilihan umum Tahun 2014 urutan kesatu, urutan ketiga, urutan keenam.

Fraksi PPP meminta pimpinan MPR RI mekukan kajian lebih dulu, misalnya meminta pandangan para pakar sebelum melakukan pelantikan terhadap pimpinan tambahan MPR RI.

"Ini (Penambahan) agar pimpinan yang tiga ini nanti bagaimana pentingnya haluan negara, paling kurang bisa disiapkan dengan baik," pungkas Zulhas. (Fdi)

Baca juga berita terkait di: Ketua MPR Serukan Perang pada Pemecah Belah Bangsa

#Zulkifli Hasan #DPP PPP
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan