Tak Dapat Izin dari Kepolisian, Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 Resmi Ditunda

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 29 September 2020
Tak Dapat Izin dari Kepolisian, Lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 Resmi Ditunda
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), Selasa (29/9). Foto: PSSI

MerahPutih.com - Kompetisi lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 resmi ditunda setidaknya selama satu bulan. Hal ini telah disepakati oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Keputusan penundaan Liga 1 dan Liga 2 setelah Mabes Polri tidak mengeluarkan izin keramaian akibat penyebaran COVID-19 yang semakin tinggi di Indonesia.

Penundaan kompetisi disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), Selasa (29/9). Pada pengumuman tersebut Iriawan juga didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga

PT LIB Bisa Kembali Hentikan Kompetisi jika Kasus COVID-19 Terus Meningkat

"Tadinya Liga 1 2020 akan berlangsung tanggal 1 Oktober dan Liga 2 itu 17 Oktober. Namun, kemarin Mabes Polri sementara menunda izin keramaian. PSSI memohon untuk bisa ditunda selama satu bulan," kata Iriawan saat jumpa pers secara virtual

"Tentu kami federasi menyikapi hal ini dan menghormati keputusan Mabes Polri itu. Tentu dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan seluruh pihak yang jadi utama."

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), Selasa (29/9). Foto: Twitter/@iriawan84

Pria yang kerap disapa Iwan Bule ini juga menambahkan, keputusan yang diambil ini memang sangat memberatkan untuk semua pihak, mulai dari federasi sampai dengan klub-klub yang akan bertanding. Maka dari itu, PSSI pun ingin kompetisi harus tetap dilanjutkan.

"Karena kalau kompetisi dimulai bulan November akan selesai pada bulan Maret. Kalau kompetisi dimulai Desember dipastikan sulit terjadi karena awal April mulai memasuki bulan ramadhan dan Mei-Juni sudah Piala Dunia," ujar Iriawan.

"Sehingga kompetisi hanya bisa dilanjutkan pada bulan Agustus 2021 yang mana hal ini akan menghilangkan satu generasi, serta PSSI (Timnas) tidak bisa mengikuti agenda FIFA dan AFC, PSSI juga akan dipandang kurang baik oleh FIFA dan AFC," pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya PSSI dan PT LIB telah menjadwalkan lanjutan Liga 1 2020 kick off pada 1 Oktober mendatang. Di mana pertandingan antara PSS Sleman lawan Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo jadi laga pertama.

Baca Juga

Polisi Tak Keluarkan Izin Keramaian Liga 1 dan 2, Ini Pertimbangannya

Sedangkan, lanjutan Liga 2 2020 direncanakan bergulir pada 17 Oktober mendatang. Sistemnya menggunakan home tournament di babak penyisihan, 24 tim dibagi ke dalam empat grup wilayah. Setelah itu babak semifinal dan final menggunakan single match. (Bolaskor)

#Liga 1 #Liga 2 #PSSI #PT Liga Indonesia Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan