Tak hanya Sehat, Bawa Bekal Juga Beri Banyak Manfaat Lain Bawa bekal sangat bermanfaat buat kesehatan dan keuangan keluarga. (Foto: Pixabay/hansoldosirak)

BAWA bekal bagi masyarakat Indonesia bukan hal yang asing. Terutama di kalangan masyarakat tradisional, bawa bekal tak pernah terlupakan baik ketika bekerja, menengok sanak saudara, atau dalam perjalanan jauh.

Namun belakangan, kebiasaan bawa bekal semakin ditinggalkan terutama di masyarakat perkotaan. Hal tersebut karena banyaknya makanan/minuman kemasan atau kebiasaan beralih menjadi membeli makanan siap santap.

Kebiasaan bawa bekal harus tetap dipertahankan karena sangat bermanfaat baik dari sisi finansial maupun kesehatan. Bawa bekal terutama harus dibiasakan sejak dini terutama buat anak sekolah. Berikut manfaat bawa bekal yang harus kamu tahu.

1. Bawa bekal untuk kesehatan keluarga

Bawa bekal salah satu jalan untuk menjamin kesehatan keluarga. (Foto: Pixabay/n23club)
Bawa bekal salah satu jalan untuk menjamin kesehatan keluarga. (Foto: Pixabay/n23club)

Kamu bisa manjamin kesehatan keluarga dengan bawa bekal sendiri. Kalau beli makanan di luar, kamu akan banyak tahu apa bahan dan bumbu yang digunakan. Berbeda dengan membawa bekal, kamu bisa memilih dan mengolah makanan yang lebih sehat dan tentu jauh lebih enak. Nah, makanan bekal juga bisa disesuaikan dengan selera dan menghindari makanan yang enggak cocok buat tubuh kamu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kamu Pemburu 'Street Food' Jakarta? Ini Tiga Mi Ayam Paling Rekomen di Kawasan Grogol


2. Bawa bekal ramah buat finansial kamu

Bawa bekal bisa membuat kamu lebih hemat. (Foto: Pixabay/CarinHvdB)
Bawa bekal bisa membuat kamu lebih hemat. (Foto: Pixabay/CarinHvdB)

Masyarakat perkotaan lebih banyak makan di luar dibanding makan di rumah. Hal itu berarti kamu lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli makanan jadi. Berbeda ketika kamu bawa bekal, itu berarti kamu mengolah makanan sendiri dan jauh lebih hemat. Satu penyajian bisa untuk bekal beberapa orang atau dalam waktu berkali-kali.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Jangan Salah Kaprah, Ini Penjelasan tentang Tumpeng yang Harus Kamu Tahu


3. Bawa bekal mengajarkan kita untuk ramah lingkungan

Bawa bekal bisa berkontribusi buat lingkungan. RachelBostwick / 44 foto
Bawa bekal bisa berkontribusi buat lingkungan. RachelBostwick / 44 foto

Saat ini, salah satu masalah terbesar lingkungan adalah sampah plastik. Dengan bawa bekal, berarti kamu berkontribusi menjaga lingkungan dari sampah plastik. Ketika kamu bawa bekal, berarti kamu menggunakan wadah makan/minum yang bisa digunakan kembali. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bingung Liburan ke Mana? Curug Ngebul yang Tranding di Media Sosial Ini Bisa Jadi Pilihan

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH