Tak Cuma Untuk Mata dan Kulit, Wortel Juga Bermanfaat untuk Rambut Lho! Ilustrasi Wortel (Foto: Pixabay/congerdesign)

MENGONSUMSI buah serta sayur tentu akan membuat tubuh kamu menjadi sehat. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi wortel.

Kebanyakan orang sudah tahu jika wortel bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun tak banyak yang tahu jika sayuran berwarna oranye ini bermanfaat untuk pertumbuhan rambut seperti halnya untuk kulit dan mata.

(Foto: Pixabay/klimkin)

Seperti yang dilansir dari boldsky, wortel banyak mengandung vitamin A yang dapat membantu merangsang produksi sebum. Sebum ini bertugas mengkondisikan kulit kepala kamu serta memerang kerontokan rambut.

Tapi tak hanya itu, adanya vitamin A dan E yang sangat berlimpah pada wortel, dapat membuat rambut kamu lebih tebal dan berkilau. Lalu, magnesium dan fosfor dalam wortel juga dapat membantu dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang juga membantu mendorong pertumbuhan rambut.

(foto: Pixabay/jackmac34)

Konsumsi wortel secara rutin juga dapat mencegah rambut kamu beruban prematur. Nah untuk mendapatkan manfaat tersebut, biasanya hal yang mudah dilakukan yaitu dengan membuat jus wortel atau memakan wortel mentah.

Namun saat ini, ada cara lain yang dapat digunakan secara topikal untuk perawatan rambut. Salah satunya yaitu dengan membuat minyak wortel. Minyak wortel sendiri dianggap sebagai minyak esensial lantaran memiliki pasta kental dengan memiliki warna dan juga di kestraksi melalui distilasi uap dari wortel kering.

(Foto: Pixabay/couleur)

Untuk menggunakan minyak wortel sendiri cara penggunaanya cukup mudah. Kamu dapat mengombinasikannya dengan minyak yang mudah anda temukan seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. DPakailah minyak itu sambil memijat-mijat kepala.

Agar hasilnya maksimal, gunakanlah setidaknya sekali dalam seminggu, atau hanya parut wortel ke dalam wada penyimpanan toples. Isi toples dengan minyak zaitun atau minyak kepala dan simpan ditempat gelap selama seminggu. Setelah itu tunggulah hingga minyak berubah warna menjadi oranye, kemudian kamu saring wortel dan gunakan minyak untuk memijat, setelah selesai kamu bersihkan dengan sampo.

(Foto: Pixabay/maxman)

Jika kamu menggunakan minyak wortel secara teratur, akan membuat rambut kamu berkilau, kuat dan juga lembab. Selain itu, minyak tersebut juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat akar rambut serta melindungi rambut dari kerusakan lingkungan. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Memanggang Sehat, Perhatikan Jurusnya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH