Tak cuma Isi Kacang, Bakpao Bulat Enak Banyak Macamnya Bakpao terbuat dari adonan roti dengan berbagai jenis isian. (foto: youtube)

MESKIPUN berasal dari Tiongkok, bakpao sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Di Indonesia pun ada!

Bakpao memiliki banyak nama lain seperti, baozi, bausak, dan pao. Sebutan yang berbeda itu memiliki arti yang sama, yakni sajian yang terbuat dari adonan roti yang dikukus dan diisi dengan aneka rasa, mulai dari yang gurih hingga manis. Berdasar isiannya, ada beberapa jenis bakpao dengan nama berbeda.

BACA JUGA: Pecel, Salad Sayuran yang Indonesia Banget

1. Shaobao

Shaobao (Foto: thirstyfortea.com)

Bakpao yang satu ini berisi ayam atau udang yang sudah dicincang dan dibumbui. Selain isian ayam atau udang, shaobao terkadang berisi telur asin yang akan meleleh saat kamu santap. Bakpao jenis ini biasanya dijual dalam bentuk besar, yakni berdiameter 10 cm.


2. Xiaolongbao

Xiaolongbao (Foto: pergikuliner)

Jenis bakpao yang satu ini pasti sudah sering kamu temui di restoran Tiongkok. Xiaolongbao merupakan bakpao yang berisi daging yang masih terasa juicy saat dikunyah. Berbeda dengan shaobao, xiaolongbao berukuran mini, yakni berdiameter 5 cm dan disajikan beberapa buah dalam wadah bambu.

3. Naihuangbao

Naihuangbao (Foto: danielfooddiary)

Bakpao yang terlihat cantik saat dibelah ini merupakan jenis bakpao yang berisi custard manis berwarna kuning. Naihuangbao banyak dijumpai di Asia Timur seperti Hong Kong dan Korea saat musim dingin tiba.

4. Kayabaozi

kaya bao
Kayabaozi berisikan srikaya yang manis nikmat. (Foto: Instagram @wvfy)

Kayabaozi merupakan bakpao yang berisi selai srikaya. Rasanya sangat manis dan banyak disukai anak-anak dan remaja. Tampilan Kayabaozi sedikit mirip dengan xiaolongbao dengan kerutan menguncup di bagian atasnya.


5. Doushabao

Doushabao (Foto: whatsupgurgaon)

Selain kayabaozi, ada doushabao yang juga memiliki rasa manis yang juga disukai anak-anak. Doushabao berisi pasta kacang merah yang kaya serat dan gizi. Jenis bakpao ini bisa dengan mudah kita temui di pedagang bakpao kaki lima.


6. Shengjian Mantao

Shengjian Mantao (Foto: food52)

Jika biasanya bakpao dimasak dengan cara dikukus, Shengjian Mantao ini dibuat dengan cara digoreng. Shengjian Mantao merupakan bakpao berukuran mini yang berisi daging cincang (bisa daging sapi atau daging babi) lalu digoreng.

Tuh kan, bakpao banyak jenisnya. Mana bakpao favorit kamu?(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH