Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Jeruk Yuzu Buah Yuzu salah satu jenis jeruk yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. (Foto: Healthline)

SEBAGIAN besar masyarakat Indonesia mungkin jarang mendengar tentang buah yuzu. Padahal buah ini termasuk kelompok jeruk yang sangat populer di negara-negara Asia Timur, tak lain karena segudang manfaat yang dimikinya untuk kesehatan. Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, buah yuzu memiliki aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih asam.

Baca juga:

Buah Anggur Melawan Penuaan

Tidak hanya daging buahnyna, kulit dan esktrak buah yuzu juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan kuliner hingga kosmetik. Melansir laman Alodokter, simak lima manfaat buah yuzu yang kamu peroleh jika mengonsumsinya secara rutin.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak Banyak yang Tahu, ini 5 Manfaat dari Jeruk Yuzu
Mengandung vitamin C yang mampu menjaga kekebalan tubuh. (Foto: Toyokeizai)

Vitamin C pada buah ini berperan sebagai antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai macam infeksi. Bahkan, penelitian mengatakan vitamin C pada buah yuzu dapat mempercepat penyembuhan ISPA dan mencegah penyakit diare.

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan penyakit skorbut yang dapat melemahkan struktur kolagen tubuh, termasuk pada kulit. Melemahnya pertahanan kulit akibat kekurangan vitamin C dapat membuat bakteri lebih mudah berkembang biak di kulit dan masuk lebih dalam ke jaringan tubuh.

2. Melancarkan aliran darah

Tak Banyak yang Tahu, ini 5 Manfaat dari Jeruk Yuzu
Ekstrak buah yuzu mampu melancarkan aliran darah. (Foto: Eckes Graini)

Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti stroke atau serangan jantung. Disarankan, kamu mengonsumsi buah yuzu secara rutin sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Ekstrak buah yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan organ-organ tubuh bisa bekerja secara optimal.

Baca juga:

Ramadan Saatnya Menikmati Kurma

3. Mencegah kanker

Tak Banyak yang Tahu, ini 5 Manfaat dari Jeruk Yuzu
Buah yuzu juga mampu mencegah kanker. (Foto: SheKnows)

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa aktif limonoid pada buah jeruk, termasuk yuzu, dapat melawan sel-sel kanker khususnya kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Dalam penelitian lain pada hewan, ditemukan bahwa kandungan flavonoid pada buah ini mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menekan pertumbuhan sel leukemia.

4. Memberikan efek menenangkan

Tak Banyak yang Tahu, ini 5 Manfaat dari Jeruk Yuzu
Aroma buah yuzu yang mampu memberikan efek aromaterapi. (Foto: Clozette)

Menggunakan ekstrak buah yuzu sebagai aromaterapi telah terbukti dapat meredakan kecemasan, ketegangan, depresi, kebingungan, stres, hingga depresi. Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa menghirup aromaterapi buah yuzu bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf di otak.

5. Mencegah penuaan dini

Tak Banyak yang Tahu, ini 5 Manfaat dari Jeruk Yuzu
Buah yuzu juga sering digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik. (Foto: Hungarycraft)

Salah satu faktor yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit adalah kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Antioksidan dalam buah yuzu dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

Buah ini kerap dimanfaatkan untuk produk kosmetik karena diyakini dapat mencerahkan kulit dan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah keriput. (and)

Baca juga:

Suka Makan Gorengan? Hati-hati Dampaknya Bagi Kulit



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH