Tak Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Kampung Rambutan saat Libur Panjang

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 26 Oktober 2020
Tak Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Kampung Rambutan saat Libur Panjang
Pemudik mengantre di ruang pembelian tiket perjalanan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (30/7). (ANTARA/Andi Firdaus)

Merahputih.com - Tidak ada lonjakan penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, saat libur panjang atau long weekend selama lima hari pada 27,28,29,30 dan 1 November 2020.

Masyarakat yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan ke tujuan kota lain pada libur panjang sama seperti hari-hari sebelumnya.

Pintu kedatangan penumpang saat sekarang inibdi sisi utara dan selatan tampak lengang. Tiket pun sepi untuk keberangkatan saat libur panjang nanti.

Baca Juga

Penumpang Kereta Meningkat, Rapid Test Diminta Sehari Sebelum Berangkat

"Belum ada peningkatan (penumpang untuk libur panjang) sepi," ujar Kepala Terminal Kampung Rambutan, Made Joni saat dihubungi MerahPutih.com, Senin (26/10).

Made mengatakan, bagi masyarakat yang berpergian dari Terminal Kampung Rambutan tidak perlu melakukan tes COVID-19. Hanya saja mereka diwajibkan membawa surat sehat dari Rumah Sakit (RS).

Hal ini penting diperhatikan masyrakat agar tidak terjadi penyebaran virus COVID-19 yang lebih meluas.

"Nanti penumpang dan kru bawa surat sehat," terang Made.

Made mengimbau agar para penumpang mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan selalu menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Hal berbeda terjadi di transportasi keretai api. Data per 25 Oktober 2020 kemarin terjadi peningkatan penumpang kereta saat libur panjang atau long weekend dari dari 28 Oktober hingga 1 November.

Berdasarkan data sudah 83 ribu tiket yang terjual untuk periode 27 Oktober sampai dengan 1 November 2020 atau 37 persen dari total tiket yang disediakan .

Adapun tanggal favoritnya adalah tanggal 27 Oktober, 28, Oktober dan 1 November dimana pada tanggal tersebut tiket yang terjual sudah mencapai 50 persen dari kapasitas yang disediakan.

Dalam mengatasi membeludaknya penumpang, PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan rata-rata 87 Kereta Jarak Jauh perhari ke berbagai tujuan.

Baca Juga

Ganjil-Genap Kembali Ditiadakan Hingga 8 November

Jumlah kereta libur panjang itu meningkat 16 persen dari pekan sebelumnya yang rata-rata 75 KA perharinya.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung," ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus di Jakarta, Senin (26/10). (Asp)

#Terminal Kampung Rambutan #Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan