Teknologi

Tak Ada Lagi Surat Kabar dan Majalah di Kindle

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 20 Maret 2023
Tak Ada Lagi Surat Kabar dan Majalah di Kindle
Amazon tidak lagi menjual langganan majalah dan surat kabar melalui Kindle Newsstand. (foto: Unsplash/Sunrise King)

SEBUAH pengumuman resmi datang dari Amazon belum lama ini. Isinya menjelaskan mereka tidak lagi menjual langganan majalah dan surat kabar melalui Kindle Newsstand dan akan berhenti mengirimkan langganan Kindle Newssstand saat ini secara efektif per bulan September mendatang.


Sebelumnya, Kindle Newsstand merupakan layanan dari Amazon yang memungkinkan orang membaca versi publikasi khusus Kindle langsung di perangkat mereka. Perubahan yang akan datang ini amat mungkin akan mengecewakan orang-orang yang terbiasa berlangganan dengan cara itu.

BACA JUGA:

Amazon Akhiri Program Donasi Amal AmazonSmile

Terlebih lagi, Amazon rupanya tak hanya menghentikan layanan berlangganan di Kindle Newsstand. Perusahaan yang dipimpin tokoh bisnis ternama Jeff Bezos itu juga telah menghentikan penjualan majalah cetak dan langganan surat kabar.

Kindle
Pengguna tidak lagi bisa berlangganan surat kabar maupun majalah setelah pemberhentian ini. (foto: Merahputih.com/Disya Shaliha)

Seperti dilansir The Verge Amazon merilis lini masa pemberhentian layanan berlangganan, yakni:


* Pada 9 Maret, Amazon berhenti menjual langganan.
* Setelah 5 Juni, pengguna tidak akan dapat mengelola langganan cetak melalui Amazon. Sebagai gantinya, pengguna harus berlangganan secara langsung dari pihak penerbit.
* Langganan Kindle Newstand bulanan masih akan dikirimkan hingga 4 September. Langganan tahunan akan dikirim hingga 4 September atau, jika langganan berakhir sebelum itu, akan dikirim lewat tanggal sebelumnya.
* Jika pengguna memiliki masalah terkait dengan langganan Kindle Newsstand setelah 4 September, pengguna akan mendapatkan pengembalian dana.

BACA JUGA:

Sekarang Pelanggan Prime Bisa Nikmati Amazon Music Gratis


“Sebagai bagian dari proses peninjauan perencanaan operasi tahunan, kami selalu melihat setiap bisnis kami dan apa yang kami yakini harus kami ubah,” kata juru bicara Amazon Julia Lee dalam sebuah pernyataan kepada The Verge. Ia menjabarkan lebih lanjut terkait dengan pemberhentian layanan ini.


“Setelah penilaian terhadap langganan majalah dan surat kabar kami serta penjualan edisi tunggal, kami telah membuat keputusan yang sulit untuk menghentikan layanan ini. Kami tidak menganggap enteng keputusan ini dan menghentikan penawaran ini secara bertahap selama beberapa bulan. Kami akan terus mendukung pelanggan, penjual, dan penerbit selama waktu itu,” lanjutnya.

amazon kindle
Perubahan yang dilakukan Amazon ini juga diyakini sebagai bagian dari langkah-langkah pemotongan biaya lainnya di perusahaan. (foto: Unsplash/ Bady Abbas)


Perubahan yang dilakukan Amazon ini juga diyakini sebagai bagian dari langkah-langkah pemotongan biaya lainnya di perusahaan, yang juga mencakup PHK besar-besaran yang memengaruhi sekitar 18 ribu karyawan.(dsh)

BACA JUGA:

Amazon Prime Peringatkan Pelanggan Adanya Penipuan

#Teknologi #Google
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan