Gaming

Tak Ada lagi Suara Ikonik 'Oof' di Roblox

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 04 Agustus 2022
Tak Ada lagi Suara Ikonik 'Oof' di Roblox
Suara oof yang menjadi ikonik bagi komunitas Roblox dihapus.(Foto Roblox)

PIHAK developer mengistirahatkan suara 'oof' yang kerap menjadi suara ikonik yang mengidentifikasikan Roblox di komunitas gim. Hal itu dilakukan karena permasalahan lisensi dari pihak yang menjadi pionir dari suara 'oof' itu sendiri.

Seperti dikabarkan IGN, suara 'oof' bisa ditemukan pada era permulaan Roblox, ketika karakter kamu sedang kalah, mati, maupun tereliminasi dalam gim. Faktanya, suara tersebut sudah terdaftar dengan lisensi kepemilikan oleh seorang komposer gim bernama Tommy Tallarico dalam gim Messiah miliknya.

BACA JUGA:

Tas Burberry Bergaya di Roblox

Tallarico sempat mengajukan negosiasi kepada pihak Roblox untuk tetap menghadirkan suara tersebut ke dalam gim mereka. Negosiasi itu meliputi biaya royalti sebesar Rp 21 ribu untuk si kreator pada 2020 lalu. Namun, negosiasi tersebut dibatalkan dan Roblox akhirnya menghapus suara ikonik tersebut dan diganti dengan suara orisinal dari Roblox.

roblox
Roblox umumkan penghapusan suara oof. (Foto Twitter Roblox)

Padahal, dengan negosiasi tersebut, Roblox bisa tetap menghadirkan suara tersebut ke dalam gim. Suara baru yang telah diperkenalkan pada 27 Juli berbeda dengan suara 'oof' yang sangat ikonik. Pada komunitas Roblox, beberapa kreator konten sempat menggarap footage meme dari suara 'oof' ke video viral, termasuk Post Malone saat Coachella 2022 lalu.

BACA JUGA:

Tommy Hilfiger Masuki Dunia 'Roblox' dengan Menghadirkan Tommy Play

Di luar dari Roblox sebagai game untuk target pasar anak hingga remaja, gim tersebut sempat melewati beberapa kontroversi yang melibatkan pihak besar maupun selebritas. Di antaranya Kim Kadarshian yang sempat menggugat Roblox pada April 2022 akibat melihat anaknya menemukan klip tak pantas Kadarshian di dalam gim, serta kasus Roblox terhadap seorang YouTuber yang melakukan kampanye terorisme di November 2021 lalu.

Meski demikian, Roblox tetap menjadi gim terbaik yang bisa dimainkan beberapa kalangan. Di gim dengan grafis yang lebih memukau ini, kamu bisa mengakses ratusan ribu mini game populer, membuat avatar dengan microtransaction yang terjangkau, hingga bertemu dengan teman baru di dunia digital ala metaverse.(dnz)

BACA JUGA:

Nerf Hadirkan Blaster Koleksi Terbaru Edisi Roblox

#Game #Gaming
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan