Tak Ada Izin, Konser Tulus di Bandung Dibubarkan Satgas COVID-19

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 30 Maret 2022
Tak Ada Izin, Konser Tulus di Bandung Dibubarkan Satgas COVID-19
Tulus memperkenalkan single Tujuh Belas dengan merilis video musik. (Foto: TulusCompany)

MerahPutih.com - Penonton harus menelan kekecewaan karena tidak bisa menyaksikan penyanyi idaman, Tulus, yang sejatinya mengisi konser Soundfest Bersua di Critical 11, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Selasa (28/3) malam.

Konser yang menghadirikan Tulus bersama bintang tamu Tiara Effendy ini dinyatakan tak mengantongi izin keramaian sehingga harus dibubarkan Satgas COVID-19.

Baca Juga:

Dishub DKI Revisi Pernyataan Wagub Soal Biaya Pembangunan Jalur Sepeda

“Konser tulus di bandung ternyata belom ada izinnya sampe dibubarin...” cuit akun Twitter @syifanrl, seraya mengunggah video suasana lokasi konser.

Cuitan tersebut ditimpali Akbar melalui @cariajaakbar, “Waduh sangat disayangkan Soundfest, semangaaat yuk pak sandi udh ngomong siap kasih izin buat kedepannya,” katanya.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung Asep Saeful Gufron saat dikonfirmasi membenarkan bahwa konser Tulus di Critical 11 dibubarkan karena tidak mengantongi izin keramaian.

"Karena panitia enggak punya izin," ujar Asep Saeful Gufron.

Asep menjelaskan, sebelumnya pihak panitia memang telah mengajukan izin untuk konser tersebut. Hanya saja Bandung sedang menerapkan aturan pelarangan sejenis konser.
Aturan ini dituangkan dalam Perwal Kota Bandung terkait pencegahan COVID-19, demi menghindari kerumunan.

Situasi Konser Tulus di Bandung. (Foto: MP/Imanha)
Situasi Konser Tulus di Bandung. (Foto: MP/Imanha)

Karena itu, kata Asep, Satgas COVID-19 Kota Bandung pun tidak memberikan izin. Panitia kemudian mengajukan izin kembali ketika di Kota Bandung diberlakukan relaksasi termasuk izinkan konser di dalam ruangan. Namun pengajuan tersebut dinilai mendadak.

Pihak kepolisian, lanjut Asep, pun tidak memberikan rekomendasi untuk konser Tulus tersebut karena fasilitas ruangan dan kapasitasnya dinilai kurang mendukung untuk pelaksanaan konser. Satgas khawatir jika diizinkan akan menimbulkan kerumunan dan akhirnya viral.

Menurut Asep, panitia semestinya melakukan koordinasi dengan kepolisian dan Satpol PP untuk mendapatkan izin tersebut. Sehingga untuk mencegah hal yang tak diinginkan, Satgas akhirnya membubarkan konser yang baru akan dimulai.

“(Satgas) tidak merekomendasikan izin buat konser tersebut,” kata Asep. “Setelah itu (karena tidak diizinkan) tidak boleh ada kegiatan.”

Menurut informasi, calon penonton sudah membeli tiket antara Rp 250.000 hingga Rp 400.000. Mereka sudah berdatangan sejak sore. Namun sekitar pukul 19.00 WIB acara tersebut dibubarkan. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Krisis Diplomasi Berbagai Negara Eropa dan Rusia Kian di Titik Terendah

#Tulus #Konser #Satgas COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan