Tahun Depan, Pemerintah Serahkan 1,2 juta Sertifikat di Jawa Tengah Presiden Joko Widodo (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo kembali membagikan 7 ribu sertifikat tanah kepada masyarakat sebagai bukti pengakuan atas tanah yang mereka miliki. Selain dari Kota Semarang, masyarakat dari Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobogan, dan lainnya menerima sertifikat tanah.

"Di Jawa Tengah tahun ini kira-kira 600.000, tahun depan 1.200.000 (sertifikat) harus sudah diserahkan kepada masyarakat," Presiden Jokowi, begitu ia biasa dipanggil, kepada ribuan penerima sertifikat di Lapangan Pancasila, Semarang, Senin (9/10).

Target yang tinggi tersebut memang ditetapkan pemerintah untuk mampu mengejar ketertinggalan. Selain itu, menurut Presiden, banyak sengketa lahan yang terjadi karena disebabkan tidak adanya kepemilikan sertifikat ini.

Presiden kemudian mengingatkan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tersebut. Ia meminta agar sertifikat tersebut dapat dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan keluarga.

"Tidak apa (diagunkan), tetapi sebelum dibawa ke bank dilihat dulu bisa mengangsur apa tidak," ucapnya

Salah satu penerima sertifikat asal Grobogan merasa dengan adanya kebijakan tersebut, dirinya dapat dengan cepat mengurus penerbitan sertifikat tanah miliknya.

"Enam bulan. Cepat, Pak. Biasanya setahun belum juga rampung," ujarnya saat ditanyakan Presiden soal lama pengurusan sertifikat miliknya. (*)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH