Tahun Depan 10 Juta Keluarga Indonesia Dapat Bansos PKH

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 23 Agustus 2017
Tahun Depan 10 Juta Keluarga Indonesia Dapat Bansos PKH
Mensos Khofifah (tengah-depan) saat pemberian bantuan PKH di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial, Sleman, Yogyakarta, Rabu (23/8). (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Kementerian Sosial akan menambah jumlah keluarga yang menerima bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2018. Tahun depan, Kemensos berarti menargetkan ada 10 juta KK yang bisa mendapatkan Bansos PKH.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan kenaikan ini dilakukan bukan karena jumlah penduduk miskin bertambah. Masih banyak penduduk miskin yang belum terjangkau bantuan sosial.

"Sekarang yang sudah dapat baru 11 persen dari 40 persen (penduduk miskin) yang harus dapat. Tahun depan dinaikkan sampai menjadi 15,6 persen. Itu setara jumlahnya dengan 10 juta keluarga," katanya usai memberikan bantuan sosial nontunai PKH di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Ragional III Yogyakarta, Rabu (23/8).

Ia mengatakan kenaikan ini adalah bukti bahwa pemerintah bertekad mensejahterakan masyarakat melalui perlindungan sosial. Setiap tahun ditarget ada kenaikan jumlah penerima PKH.

"Di Kementrian Sosial (awalnya) penerima PKH baru 2,7 juta. Kemudian bertambah menjadi 3,5 juta, bertambah lagi menjadi 6 juta di tahun ini. Tahun depan bertambah lagi menjadi 10 juta," tuturnya.

Politikus PKB ini mengatakan kenaikan jumlah penerima PKH juga akan dibarengi dengan penambahan pendamping PKH. Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, warga yang akan menerima PKH tahun 2018 akan bertambah sebanyak 29 ribu orang.

Kabupaten Bantul mendapat penambahan terbanyak dengan jumlah sekitar 10.600 peserta baru. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Khofifah Pastikan Pencalonan Dirinya Tak Ganggu Kinerja Kemensos

#Kementerian Sosial #Rakyat Miskin
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan