Tahun Baru Islam, Jokowi Ajak Golongan Pemalas dan Pesimisme Hijrah

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 20 Agustus 2020
Tahun Baru Islam, Jokowi Ajak Golongan Pemalas dan Pesimisme Hijrah
Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR 2020. Foto: Biro Setpres

MerahPutih.com - Tahun Baru Islam jatuh pada 20 Agustus 2020 atau bertepatan dengan 1 Muharam 1442 H, bulan pertama kalender hijriah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai harapan tersendiri saat Tahun Baru Islam yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Mari, kita sambut tahun baru Islam ini dengan kembali menegaskan tekad untuk berhijrah," kata Jokowi, dikutip dari status di akun Instagram resminya, Kamis (20/8).

Baca Juga:

Jokowi Ungkap Kekesalannya Terhadap Lawan Politik Lewat Pidato Pancasilais dan Agamis

Kepala Negara berharap, masyarakat mengubah dari perilaku individualistik ke peduli sesama, berubah dari sifat malas ke karakter pekerja keras. "Dari mudah marah ke manusia yang penyabar. Kita tanggalkan pesimisme dan melangkah penuh optimisme," tutur Jokowi.

Tahun Baru Islam ini memang berbeda dari sebelumnya lantaran di tengah pandemi COVID-19 yang menghantam ekonomi global dan dalam negeri. Indonesia pun tak luput dari ancaman resesi meski secara teknikal sudah dialami.

"Dengan rida Allah Yang Maha Kuasa, ujian dan tantangan ini akan dapat kita lalui bersama," tulis mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi
Prangko Jokowi-Ma'ruf. (Foto: Antara)

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengajak umat untuk meneguhkan persatuan dan mewujudkan kehidupan berbangsa yang lebih baik dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah.

Menurut Fachrul, tahun baru Hijriah selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Semangat hijrah, lanjut dia, adalah berpindah dari keadaan yang tidak baik di suatu tempat ke tempat lain untuk menggapai keadaan yang lebih baik.

"Mari manfaatkan momentum 1 Muharram 1442H untuk teguhkan persatuan menuju dan mewujudkan Indonesia maju," tutup mantan Wakil Panglima ABRI era Orde Baru itu. (Knu)

Baca Juga:

Makna Baju Adat yang Dikenakan Jokowi Saat Jadi Inspektur Upacara HUT RI

#Tahun Baru Islam #Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan