Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Umat Diminta Perkuat Semangat Gotong Royong Hadapi COVID-19

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 10 Agustus 2021
Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Umat Diminta Perkuat Semangat Gotong Royong Hadapi COVID-19
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan keterangan terkait ketentuan pelaksanaan ibadah Idul Adha selama masa PPKM Darurat, Jumat (16/7). (ANTARA/HO-Humas Kemenag)

Merahputih.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat untuk memperkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19 menyongsong tahun baru 1 Muharram 1443 Hijriah.

"Selamat tahun baru 1 Muharram 1443 H. Mari perkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19," kata Yaqut dalam keteranganya di Jakarta, Senin (9/8).

Baca Juga

Aturan Perjalanan Ketat Masih Berlaku Saat Saat Idul Adha

Ia berharap semoga pandemi COVID-19 segera berakhir dan seluruh masyarakat songsong masa depan yang lebih sehat dan maju. Tahun baru hijriah juga selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Spirit hijrah salah satunya adalah kemampuan melakukan perpindahan, perubahan, dan adaptasi dalam merespons situasi dan kondisi. Perpindahan bisa bermakna fisik, tapi juga bisa bermakna sikap. Misalnya, pindah dari satu tempat ke tempat lain, atau dari satu sikap ke sikap yang lain.

"Pandemi memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit Hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan prokes dan disiplin 5M," tegas Yaqut.

Baca Juga:

Pangdam dan Kapolda Diperintah Luhut Cari Warga Yang Tidak Bisa Makan

Di tengah pandemi, solidaritas dan gotong royong adalah kunci. Pemerintah sejak satu setengah tahun terakhir terus berupaya mengatasi kondisi ini. Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat.

"Mari manfaatkan momentum tahun baru 1 Muharram 1443 H untuk perkuat spirit hijrah, serta saling bergotong royong dalam menghadapi pandemi," tutur Yaqut. (Knu)

#Mena Yaqut #Menag Gus Yaqut #Tahun Baru Islam
Bagikan
Bagikan