Tahun 2040 Manusia Tinggal di Bulan

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 18 Oktober 2017
Tahun 2040 Manusia Tinggal di Bulan
Ilustrasi Koloni Bulan. (Foto: theheretic)

MENURUT European Space Agency (ESA) di tahun 2040 manusia sudah bisa tinggal di Bulan. Meskipun jumlah populasinya baru bisa 100 orang lebih saja.

Manusia dapat membuat pemukiman di Bulan yang tanpa atmosfir itu. Kebutuhan air didapat dari melelehkan es yang konon ada di Bulan, bahkan menanam tumbuh-tumbuhan di tanah Bulan. Bisa jadi ada bayi yang lahir di Bulan.

Hal ini disampaikan oleh Bernard Foing yang menjadi duta Moon Village ESA pada European Planetary Congress di Latvia minggu lalu.

Rencana yang disampaikan oleh Foing adalah menempatkan enam atau 10 pionir manusia di tahun 2030. Pionir terdiri dari ilmuwan, teknisi dan insinyur. Dalam 10 tahun dapat berkembang lebih dari 100 orang.

Namun yang menjadi kendala adalah biaya yang mahal dan berbahaya mengirimkan manusia dan perlengkapannya ke Bulan. Dibutuhkan kerja sama antara badan-badan antariksa pemerintah seperti NASA dan ESA dengan swasta yakni SpaceX atau Blue Origin.

Kendala lainnya adalah tak ada satupun politisi yang tertarik dengan koloni Bulan ini.

Namun Elon Musk dari Space X bahwa Mars lebih menarik ketimbang Bulan yang dianggap mudah. Mars menarik karena memiliki atmosfir karbondioksida yang lebih mudah menanam tanaman. (psr)

#Planet Mars #Bulan #European Space Agency
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan