Tahun 2025 Yogyakarta Butuh Sumber Air Selain Gunung Merapi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 27 September 2017
Tahun 2025 Yogyakarta Butuh Sumber Air Selain Gunung Merapi
Salah satu sawah warga yang terkena dampak kekeringan. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di wilayah Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Bantul,Yogyakarta menjadi perhatian Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan HB X mengatakan pemerintah perlu mencari alternatif sumber air untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat.

Alternatif sumber air penting karena jumlah penduduk DIY semakin bertambah, bahkan pada 2025 diprediksi mencapai empat juta jiwa sehingga kebutuhan air baku juga bertambah.

"Perkiraan kami di tahun 2025 itu penduduk Yogyakarta sekitar empat juta jiwa, sekarang hampir 3,7 juta. Jadi nanti kalau empat juta jiwa kan sudah tidak mungkin Merapi bisa menjadi salah satu pemasok air bagi warga masyarakat," kata Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Yogyakarta, Rabu (27/9).

Sultan mengatakan, wilayah Gunung Kidul sebenarnya memiliki banyak sumber air di gua-gua, namun membutuhkan biaya besar untuk mengalirkan sampai wilayah Kabupaten Sleman maupun Bantul, sehingga perlu alternatif sumber air.

"Kita cari alternatif di mana kita perkirakan alternatif pilihan untuk cari air itu sesuai kebutuhan kalau nanti penduduknya empat juta jiwa di 2025, dan itu kira kira kebutuhannya sekitar 2.700 sampai 2.800 liter per detik," katanya.

Gubernur DIY mengatakan, sumber air dari wilayah Gunung Merapi pada 2025 tetap dioptimalkan ditambah dengan lokasi lain seperti dari sistem regional yang bersumber dari air Sungai Progo di Sedayu dan wilayah Kamijoro Pajangan Bantul.

"Kalau belum sampai 2.700 hingga 2.800 liter per detik, saya tetap akan cari air, dan itu nanti harus saya persiapkan dari sekarang, apalagi ini memerlukan pembiayaan yang besar, tetapi juga bertahap," kata Sultan. (*)

Sumber: ANTARA

Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan