Tahun 2018 Bulog Berjanji Akan Salurkan Rastra Gratis Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) akan menyalurkan beras masyarakat sejahtera (rastra) secara gratis di tahun 2018 mendatang.

"Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, dan Bulog hanya menjalankannya," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Eko Pranoto di Manado, Kamis (7/12).

Mulai 1 Januari 2018 penyaluran Rastra akan beruba skema dari sebelumnya masyarakat miskin mesti membayar Rp 1.600 per kilogram (kg) menjadi gratis atau cuma-cuma.

Dia menerangkan, pemerintah telah mengubah skema penyaluran Rastra dari pangan bersubsidi menjadi bansos rastra dan Bantuan pangan NonTunai (BNPT).

"Kalau tahun ini keluarga penerima manfaat mendapat Rastra 15 kg, dengan kompensasi Rp 1.600 per kg. Tahun depan sudah gratis dan tidak ada tebusan lagi," katanya.

Sementara itu, beberapa masyarakat miskin yang sebelumnya masih menerima rastra akan dikonversi bantuannya ke metode nontunai, yakni BPNT.

Untuk pemberian BPNT, bagi masyarakat miskin akan menerima bantuan sebesar Rp 110 ribu per bulan yang disalurkan melalui rekening perbankan.

"Jadi, ini sistemnya tinggal gesek untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula atau telur di warung-warung yang telah ditunjuk pemerintah," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw mengatakan, penyaluran rastra tepat sasaran, sehingga meringankan beban masyarakat penerima.

"Sebagai pemerintah, akan mendorong agar masyarakat membayar rastra saat menerima beras tersebut, agar terhindar dari piutang," katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus mengawasi dan mendorong semua pemda agar memperhatikan hal tersebut. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH