Sains

Tahun 2018 Akan Terungkap Penyakit Kecanduan Game

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 25 Desember 2017
Tahun 2018 Akan Terungkap Penyakit Kecanduan Game
Bermain game bisa menjadi penyakit serius (Foto: pixabay)

BERMAIN game mencari hiburan melepaskan kepenatan yang ada. Namun siapa sangka bermain game menjerumuskan Anda kepada kecanduan. Bahkan bisa menjadi penyakit mental.

Melansir Independent gangguan bermain game akan segera diklasifikasikan sebagai kondisi kesehatan mental yang diterbitkan WHO (World Health Organitation). Diagnostik itu diperbarui sekitar 27 tahun lalu pada tahun 1990.

Edisi kesebelas dari diagnostik ini akan diterbitkan pada tahun 2018. Tentunya mencakup kelainan bermain game sebagai kondisi kesehatan yang serius untuk dipantau, tidak bisa diremehkan.

Saat ini kecanduan bermain game tidak disebut sebagai kelainan tapi bisa menimbulkan efek buruk (Foto: pixabay)

Kelainan bermain game ini memang belum memiliki istilah. Namun, seperti yang dilaporkan oleh New Scientist, draf tersebut menguraikan kriteria yang diperlukan, untuk menentukan apakah seseorang dapat digolongkan sebagai memiliki gangguan permainan.

Vladimir Poznyak, anggota Departemen Kesehatan Mental WHO dan Penyalahgunaan Zat, mengatakan tentang pentingnya mengenali gangguan bermain game sebagai isu penting.

"Ahli kesehatan perlu mengenali bahwa gangguan bermain game mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang serius," kata Vladimir.

"Kebanyakan orang yang bermain video game tidak memiliki kelainan, sama seperti kebanyakan orang yang minum alkohol juga tidak mengalami gangguan. Namun, dalam keadaan tertentu yang berlebihan dapat menyebabkan efek buruk," sambungnya.

Tahun lalu, periset dari Institut Internet Universitas Oxford, melakukan penelitian untuk menyelidiki prosentase gamer yang kecanduan video game.

Sudah ada gejala dari kecanduan bermain game (Foto: pixabay)

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry, menemukan bahwa hanya 2 sampai 3 persen dari 19 ribu pria dan wanita yang disurvei dari Inggris, AS, Kanada dan Jerman mengakui bahwa mereka mengalami lima atau lebih gejala kecanduan tersebut.

Beberapa tahun lalu American Psychiatric Association (APA) membuat daftar sembilan gejala seseorang yang menderita gangguan bermain game online. Gejala tersebut meliputi kecemasan, penarikan diri serta perilaku anti sosial.

Banyak dari gamer setidaknya bermain game 12 hingga 24 jam setiap harinya (Foto: newnormative)

Sementara itu timbul juga pro dan kontra apakah kecanduan bermain game bisa menjadi gangguan serius. Namun kebanyakan orang nyatanya memang menghabiskan waktu di depan layar hanya untuk bermain game.

Terlebih para peneliri dari ESET pernah melakukan penelitian dengan mengumpalkan 500 gamer. Hasil penelitian itu memaparkan 10 persen dari gamer itu memang menghabiskan waktu 12 hingga 24 jam terpaku pada layar video game mereka. (ikh)

Baca juga artikel Bahaya Video Games Action bagi Otak

#Video Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan