Tahu Enggak, Beberapa Aplikasi Chatting Canggih Ini Ternyata Buatan Indonesia Lho! Ilustrasi. (Side.id)

COBA deh, sehari saja kamu sama sekali tak menggunakan aplikasi chatting! Bisa gak? Pasti susah banget. Ya, di zaman sekarang banyak orang tak bisa lepas dari aplikasi chatting. Aplikasi berkirim pesan seperti sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat untuk berkominikasi dan berinteraksi dengan yang lainnya.

Aplikasi chatting memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan fitur yang lengkap dan canggih. LINE dan WhatsApp adalah dua aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi chatting ini sangat canggih dan tidak sulit digunakan, karena menyediakan fitur telepon, chat, video call, dan memasang status.

Aplikasi chatting dibuat seiring berkembangnya smartphone yang sudah semakin maju, apapun bisa digunakan di dalam smartphone. Indonesia pun juga tidak mau kalah dengan negara lain yang sudah sukses membuat berbagai aplikasi chatting. Ini, beberapa aplikasi chatting ini buatan anak Indonesia lho!

Callind (Calling Indonesia)

Callind

Callind alias Calling Indonesia merupakan aplikasi chatting dari Indonesia yang dibuat oleh Novi Wahyuningsih yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Callind menawarkan fitur mengirim pesan, telepon, video call, dan menaruh file di aplikasi ini dan juga ada fitur untuk pemasangan iklan serta layanan jual beli produk.

Catfiz Messenger

catfiz

Aplikasi chatting ini dikembangkan oleh developer asal Surabaya. Aplikasi chat ini berbeda dengan aplikasi lainnya, di dalam aplikasi ini penggunanya dapat melakukan panggilan suara, berbagi file hingga 500MB, dan didukung oleh layanan Cloud melalui fitur Fizzlink yang dapat digunakan.

LiteBIG messenger

Litebig

Aplikasi chat ini dikembangkan oleh developer asal Jakarta. liteBIG messenger tidak hanya menyediakan fitur chatting, tetapi dapat menampung 10ribu orang dalam satu grup dan juga dapat menghapus serta mengedit pesan yang sudah terkirim. Aplikasi chat ini juga menyediakan fitur update berita dan pembayaran pulsa hingga tagihan lho!

IMES (Indonesia Messenger)

imes

Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa aplikasi chat ini buatan orang Indonesia, yaitu dikembangkan oleh PT Gobsindo Utama. Fitur yang terdapat di dalam IMES tidak berbeda jauh dengan BlackBerry Messenger (BBM). Fitur yang ditawarkan adalah dapat menampung sekitar 2000 orang dalam satu grup.

Gimana, kamu sudah ada yang menggunakan aplikasi buatan anak bangsa ini? (Side.id)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH