Tahu Guling, Sajian Tahu Bercitarasa Manis-Pedas Tahu guling. (foto: masakandapurku)

INDONESIA punya banyak olahan tahu yang nikmat. Mulai dari tahu goreng Sumedang hingga yang segar seperti tahu gejrot khas Cirebon.

Nah, buat kamu pencinta olahan tahu, jangan lewatkan untuk mencicipi tahu guling. Sajian khas Yogyakarta ini memang mirip kupat tahu Magelang. Namun, rasanya berbeda lo.

Kupat tahu Magelang pakai kuah kacang yang gurih legit. Sementara itu, tahu guling ini menggunakan saus atau kuah dari kecap dan gula merah. Rasanya enggak cuma manis, tapi juga ada citarasa pedas di dalamnya. Itulah yang bisa bikin kamu ketagihan. Tahu guling ini bisa dimakan dengan lontong/ketupat atau nasi.

Tahu guling bercitarasa pedas-manis. (foto: youtube)


RESEP TAHU GULING

BAHAN-BAHAN

Tahu putih - 6 buah
Tempe - 6 potong
Tauge - 100 gram
Daun kol - 6 lembar
Seledri - 2 batang


BAHAN KUAH

Air panas - 300 ml
Gula merah - 50 gram
Cuka - 1/2 sdt
Garam - 1/2 sdt
Kecap manis - 3 sdm
Bawang putih - 2 siung
Cabai rawit, bisa ditambah jika suka pedas - 5 buah

PELENGKAP

Bawang goreng - secukupnya
Kerupuk - secukupnya

CARA MEMBUAT

1. Rendam sebentar tauge dengan air panas, tiriskan. Potong-potong tipis kol dan seledri, sisihkan.

2. Rendam sebentar tahu putih dan tempe dengan air yang dicampur garam. Goreng tahu dan tempe sampai matang kemudian potong kecil-kecil, sisihkan.

3. Kuah: Haluskan bawang putih, cabai rawit, garam dan gula merah. Campurkan dengan air panas, tambahkan kecap dan cuka aduk rata.

4. Tata tahu goreng dan tempe goreng di piring saji, beri irisan kol dan tauge. Siram dengan kuah gula merah, taburi dengan irisan seledri dan bawang goreng. Sajikan dengan kerupuk.(*)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH