Tahap Penerimaan CPNS 2019 Dilanjutkan Akhir Tahun Ini Ratusan CPNS mengikuti ujian CAT di Auditorium UNS Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (2/2). (MP/Ismail)

Merahputih.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo akan melanjutkan tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) pada bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"SKB akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Tjahjo Kumolo dalam pernyataan tertulis, Kamis (9/7).

Baca Juga

18.876 Orang Melamar CPNS DKI, Ini Formasi yang Paling Banyak Diminati

Tjahjo mengatakan bahwa Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengemukakan bahwa pemerintah masih akan memproses penerimaan CPNS 2019 yang tahapannya sempat tertunda karena COVID-19.

4.050 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 Pemkot Solo menjalani tas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (2/2) (MP/Ismail)

Ia juga menegaskan tidak ada penerimaan CPNS 2020. Ketiadaan penerimaan CPNS 2020 itu juga berlaku untuk sekolah kedinasan, terkecuali sekolah khusus Badan Intelijen Negara (BIN).

Meskipun demikian, saat ini belum ada keputusan pemerintah terkait dengan penundaan ujian penerimaan CPNS 2020 menjadi 2021.

"Keputusan untuk (ujian penerimaan CPNS) 2021 belum ada. Masih proses," jelas dia.

Baca Juga

Komisi A Desak BKD DKI Segera Kaji Penambahan Anggaran CPNS

Melihat situasi saat ini, Tjahjo menyebutkan ada kemungkinan pembukaan ujian penerimaan CPNS pada tahun 2021 atau 2022.

Namun, sebagaimana dikutip Antara, prinsipnya adalah menunggu kebutuhan dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah serta berapa ketersediaan anggaran. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH