Tabir Surya yang Cocok untuk Kulit Gelap Orang berkulit gelap bisa mengalami hiperpigmentasi tanpa perlindungan tabir surya. (Freepik/Wayhomestudio)

JIKA kamu memiliki kulit yang kaya melanin, mungkin kamu mengalami betapa sulitnya menemukan Sun Protection Factor (SPF) yang tidak meninggalkan gips putih, mampu bekerja dengan mulus, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Untungnya, ada tabir surya terbaik untuk warna kulit gelap yang dapat melakukan itu semua dan beberapa hal lainnya.

Setiap orang berusaha melindungi kulit mereka dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dari matahari. Meskipun telah terbukti mencegah kanker kulit, tabir surya masih sering dianggap hanya cocok digunakan oleh orang dengan kulit terang.

Dalam satu survei dari Skin Cancer Foundation di As, 63 persen orang Afrika-Amerika mengatakan mereka tidak pernah menggunakan tabir surya. Statistik itu mengkhawatirkan karena dapat menimbulkan beberapa risiko serius.

“Semua orang bisa terkena kanker kulit, tapi yang juga relevan untuk orang berkulit gelap adalah hiperpigmentasi” kata dokter kulit bersertifikat Heather Woolery-Lloyd, MD yang juga merupakan Director of Ethnic Skincare dari Department of Dermatology and Cutaneous Surgery di University of Miami, AS, seperti diberitakan Prevention.

Baca juga:

Kulit Gelap Bikin Enggak Pede? Keren Kok!

tabir surya kulit gelap
Ada formula tabir surya yang cocok untuk orang dengan kulit gelap, hanya tinggal disesuaikan dengan gaya hidup. (Freepik/Freepik)

Orang dengan kulit lebih gelap memiliki melanosit yang sangat reaktif (alias sel yang memproduksi melanin sehingga membuat warna kulit lebih gelap). Woolery-Lloyd menjelaskan proses itu ibarat sesuatu yang sederhana seperti gigitan serangga, jerawat, atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

Peristiwa itu dapat mengaktifkan melanosit tersebut dan mengatur produksi pigmen menjadi berlebihan yang menyebabkan bintik hitam dan warna kulit tidak merata.

Namun, ada masalah lain. Siapa pun yang tidak berkulit putih memahami perjuangan menemukan tabir surya yang tidak meninggalkan hasil akhir yang pucat dan seperti hantu. Tidak peduli berapa banyak kamu menggosoknya, sepertinya tabir itu tidak pernah menyerap penuh.

Sebenarnya, ada formula tabir surya di luar sana yang cocok untuk orang dengan kulit gelap. Kamu hanya perlu tahu apa yang harus dicari, kata dokter kulit bersertifikat Mona Gohara MD, yang merupakan Vice President Women’s Dermatologic Society, AS. “Yang paling penting adalah mencari tabir surya yang sesuai dengan gaya hidupmu,” katanya.

Baca juga:

Aturan Utama Memilih Lip Balms: Cari yang Mengandung SPF

tabir surya kulit gelap
Cara kamu mengaplikasikan tabir surya dapat membuat perbedaan besar dalam penampilannya secara keseluruhan. (Freepik/Lookstudio)

Ada dua pilihan formula

Menemukan tabir surya terbaik untuk kulit yang lebih gelap sering kali harus melalui uji coba. Ada beberapa catatan. Jangan berhemat pada SPF, perlindungan terbaik adalah yang utama, jadi carilah formula spektrum luas yang mengandung minimal SPF 30. Dengan kandungan tersebut, tabir surya dapat menghalangi sekitar 90 persen sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

Selain itu, kamu juga harus menemukan formula yang cocok untuk kulit. Ada dua jenis tabir surya. Tabir surya fisik atau mineral yang mengandung partikel kecil yang berada di atas kulit dan memantulkan sinar UV. Formula ini dibuat dengan seng oksida atau titanium dioksida yang aman untuk terumbu karang.

"SPF fisik juga kurang mengiritasi kulit sensitif tetapi lebih berpotensi meninggalkan gips putih dan perlu digosok secara menyeluruh," kata Woolery-Lloyd. Di sisi lain, tabir surya kimia menyerap dan menjebak sinar UV, tetapi terlihat jauh lebih transparan.

Kedua jenis tersebut secara efektif melindungi kulit. Jenis yang kamu pilih pada akhirnya akan bergantung pada apa yang paling cocok untuk kulit.

Selain itu, cara kamu mengaplikasikan tabir surya dapat membuat perbedaan besar dalam penampilannya secara keseluruhan. Pertama, saran Gohara, tuangkan tabir seukuran uang logam untuk seluruh wajah. Cara ini akan membantu mencegah tampilan yang pucat setelah pengolesan. Kemudian, aplikasikan dalam beberapa bagian, bukan langsung mengoleskannya ke seluruh wajah sekaligus. Luangkan waktu untuk mengoleskan SPF di pipi, lalu dahi, dan seterusnya. Ini memungkinkan kamu untuk menggosok produk sepenuhnya sebelum mengeras dan menjadi lebih sulit untuk diratakan. (aru)

Baca juga:

Aplikasikan Warna Hangat untuk Kulit Gelap

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dampak Debu Vulkanis bisa Sebabkan ISPA
Fun
Dampak Debu Vulkanis bisa Sebabkan ISPA

Dampak debu vulkanis juga bisa menyerang infeksi saluran pernapasan bawah.

Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia Merdesa di Danau Toba
Hiburan & Gaya Hidup
Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia Merdesa di Danau Toba

Patung Yesus Kristus di Danau Toba masih dalam tahap pembangunan.

The Adams Berkolaborasi dengan Sejumlah Musisi di Supermusic Live 360 Virtual Concert
ShowBiz
The Adams Berkolaborasi dengan Sejumlah Musisi di Supermusic Live 360 Virtual Concert

Konsep dengan sudut pandang kamera yang diusung oleh Supermusic Live 360 Virtual Concert merupakan sebuah pendekatan yang segar dan menarik.

Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022
Fun
Tim Suzuki Ecstar Siap Hadapi Musim Balap 2022

Tim Suzuki Ecstar akan melakukan persiapan untuk menghadapi musim 2022.

Tes Antigen dari Sampel Hidung Tidak Mendeteksi Omicron?
Fun
Tes Antigen dari Sampel Hidung Tidak Mendeteksi Omicron?

Swab hidung lebih cocok untuk mendeteksi varian delta.

Google Akuisisi Perusahaan layar MicroLED untuk headset AR
Fun
Google Akuisisi Perusahaan layar MicroLED untuk headset AR

Langkah ini juga menjadi cara Google untuk memproduksi perangat AR dan VR secara lebih serius.

Tips Mencegah Stres Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan
Fun
Tips Mencegah Stres Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan

Kenali sejumlah tips ampuh untuk mencegah stres saat mengemudi

Cara Halus Memberitahu Orang Terdekat Kalau Dia Bau
Fun
Cara Halus Memberitahu Orang Terdekat Kalau Dia Bau

Perhatikan pemilihan katamu sebelum menyampaikan masalah ini

Destinasi Wisata Ramah Vegetarian di Asia Tenggara
Fun
Destinasi Wisata Ramah Vegetarian di Asia Tenggara

Rekomendasi wisata ramah vegetarian.