Kebiasaan Masyarakat Indonesia dalam Berbelanja Online Berbelanja online bukan hal yang asing lagi. (Foto: Pexels/bruce mars)

KEBIASAAN masyarakat Indonesia dalam berbelanja online mulai beralih. Berbagai kebiasaan-kebiasaan baru muncul pada mengiringinya.

Melihat fenomena ini, Facebook Indonesia tertarik melakukan riset tentang kebiasaan orang Indonesia saat berbelanja online. Dari riset tersebut ditemukan 5 kriteria kebiasaan orang Indonesia saat berbelanja online.

1. Orang Indonesia lebih banyak berbelanja melalui ponsel

Berbelanja Online Lewat Ponsel. (Pixalbay/mohamed_hassan)
Pembelajaan lebih banyak melalui ponsel ketimbang desktop. (Foto: Pixalbay/mohamed_hassan)

Hasil riset Facebook ini menemukan bahwa saat ini masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan ponsel dalam berbelanja online ketimbang dekstop. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pembeli lewat ponsel 20 persen setiap tahunnya.

"Yang masih fokus ke desktop, mulai saatnya berpikir untuk fokus ke mobile. Pada 2018, menurut survei kami, hampir 53 persen berbelanja melalui mobile phone," ujar Ernest Ferdian, Client Solution Manager Facebook Indonesia, seperti dilansir Antara, Rabu (21/11).

2. Jam istirahat digunakan untuk berbelanja online

Belanja Online Waktu Jam Istirahat. (Pixalbay/rawpixel)
Kebiasaan orang Indonesia membeli saat jam istirahat. (Foto: Pixalbay/rawpixel)

Mengenai waktu kebiasaan belanja, riset ini memaparkan bahwa 75 persen pembeli melakukan transaksi saat jam istirahat. Paling banyak terjadi pas istirahat makan siang.

"Paling besar ketika makan siang. Pagi sebelum makan siang juga lebih besar dibanding sore. Turun pada jam 5 sore, naik mulai dari jam 6 sore hingga puncaknya jam 8 malam, setelah itu turun lagi," kata Ernest.

3. Meskipun hari kerja namun aktivitas belanja online tetap tinggi

Belanja Online Weekday. (Pixalbay/rawpixel)
Orang Indonesia melakukan belanja online pada hari kerja. (Foto: Pixalbay/rawpixel)

Belanja online di Indonesia sering dilakukan pada hari kerja. Hal ini sangat berbanding terbalik dari negara-negara lain yang cenderung berbelanja di akhir pekan. Survei Facebook menyebutkan bahwa orang Indonesia biasa berbelanja di hari kerja.

"Perbandingannya weekday dan weekend hampir sekitar tiga kali lipat. Puncak belanja online di Indonesia, menurut survei, berada pada hari Kamis," ujar Ernest.

4. Bulan Desember menjadi saat penjualan online meningkat tajam

Belanja Online. (Pixalbay/rawpexel)
Belanja online paling tinggi di bulan Desember. (Foto: Pixalbay/rawpexel)

Akhir tahun adalah waktu yang paling banyak pembeli. Menurut Survei ini, transaksi masyarakat Indonesia dalam berbelanja online terjadi pada pertengahan Desember. Hal ini berbeda dari negara-negara lain yang mencapai puncak pada bulan November.

"Yang menarik global, lebih ke bulan November, saat Thanks Giving. Di Indonesia mundur di pertengahan Desember," ujar Ernest.

5. Lapak sosmed menjadi tempat untuk melihat dan berbelanja

Belanja Online Lewat Media Sosial. (Pixalbay/LoboSthudioHamburg)
Belanja online lewat media sosial. (Foto: Pixabay/LoboSthudioHamburg)

Orang Indonesia sering menghabiskan waktunya mencari barang di media sosial. Riset Facebook ini mengungkapkan, sekitar 82 persen masyarakat Indonesia berbelanja lewat Facebook dan 86 persen lewat Instagram.

Selain itu, berdasarkan survei, orang Indonesia juga biasanya membandingkan harga terlebih dahulu sebelum akhirnya berbelanja online. "Karena untuk Indonesia harga sangat penting," ujar Ernest. (zaim)

Baca Juga: Menengok Persaingan Pemain e-Commerce Lokal dan Luar Negeri

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH