Musik
Synchronize Fest di TV Nasional? Ini Tanggapan Para Penikmat Musik Synchronize Fest 2020 akan hadir dengan kemasan yang berbeda (Foto: instagram @synchronizefest)

ADA yang berubah dengan Syncronize Fest tahun ini hadir dengan kemasan berbeda. Melalui akun Instagram resminya @synchronizefest, pihak Syncronize Fest mengumumkan bahwa pertunjukan festival musik tahun ini akan disiarkan di televisi nasional.

Synchronize Fest 2020 akan ditayangkan pada 14 November 2020, pukul 21:45 hingga 01:00 WIB di SCTV. Namun inti dari keriuhan festival musik tidaklah berkurang, Kali ini, Synchronize Fest menghadirkan 29 musisi Indonesia lintas genre dan generasi.

Baca Juga:

Killing Me Inside Reunion, Gaungkan Nostalgia Scene Emo di Synchronize Fest 2019

soneta
Rhoma Irama dan Soneta di Synchronize Fest 2018 (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Dari 29 musisi yang hadir di Snycronize Fest 2020 siap memanaskan event ini adalah Danilla, Dipha Barus, Iwa K, Iwan Fals, Rhoma Irama, Rocket Rokers, Koil, Kunto Aji, Pamungkas, Pee Wee Gaskins, Rocket Rokers, The Upstairs, The Sigit dan Setia Band.

Pada event ini, pihak penyelenggara Demajors dan Dyandra Promosindo, mengusung tema 'Selebrasi Bersama Televisi', untuk menjadi penghibur dan penawar rindu para festival goers yang sudah haus festival musik tahunan yang terpaksa tertunda karena pandemi.

Suasana yang berbeda tentu akan sangat terasa dengan Syncronize fest 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran. Di mana para penonton merasakan kemeriahan, melihat langsung sosok musisi idola, serta bisa sing along dan berdansa bersama teman, sahabat atau kekasih di lokasi acara.

Karena tahun ini ditayangkan di televisi, para festival goers mungkin akan kehilangan suasana saat menonton langsung, namun di sisi lain kamu tidak perlu membeli tiket untuk menyaksikan Synronize Fest, lantaran bisa ditonton secara cuma-cuma dan menjangkau banyak penonton dari seluruh Indonesia dengan melihatnya dari Televisi Nasional.

Tapi, meski Syncronize ditayangkan di televisi, Kiki Aulia Ucup selaku Program Director Syncronize Fest mengatakan, bahwa pihak stasiun Televisi memberikan kebebasan untuk menyelenggarakan festival musik ini.

"Mereka tidak ada intervensi sama sekali, mereka membebaskan kita mau menampilkan apa saja. Proses kurasi lebih rumit untuk menampilkan siapa aja yang tepat. Saya coba mengcapture apa saja yang menjadi spotlight musik Indonesia dengan nafas Syncronize," jelas Kiki Ucup.

Baca Juga:

Synchronize Fest 2019 Mengangkat Tema Lingkungan dan Kehidupan

Lineup penampil di Synchronize Fest 2020 (Foto: instagram @synchronizefest)

Keputusan Syncronize Fest untuk menggelar event yang disiarkan di televisi nasional, menuai pro dan kontra. Khususnya bagi para penikmat musik yang setiap tahunnya tidak pernah absen menyaksikan gelaran musik spektakuler Syncronize Fest.

Salah satunya yang cukup kecewa dengan gelaran kali ini adalah Risna Halidi, asal Bogor, yang sudah 3 tahun tidak pernah absen menyaksikan festival musik Synchronize Fest.

Menurut Risna, bila hanya melihat dari televisi, dia tidak bisa mendapatkan sensasi menonton festival musik yang sesungguhnya.

"Enggak mau nonton, soalnya yang dicari dari Syncronize Fest itu sensasi nyanyi-nyanyi bareng dan nostalgia bareng. Meski kamu suka atau enggak sama penyanyi/band tertentu, tapi pas kamu nonton, alam bawah sadar kamu ternyata hapal sama yang mereka nyanyiin, kamu pasti bakal stay di depan panggung," jelas Risna.

Kendati tak tertarik untuk menonton Synchronize Fest 2020 yang disiarkan di televisi Nasional, bukan berarti Risna sudah 'anti' untuk menonton Synhronize Fest tahun berikutnya.

Baca Juga:

Sosok Chrisye 'Hidup Kembali' di Panggung Synchronize Fest 2019

Para penonton Synchronize Fest tentu akan merasakan perbedaan menonton konser secara langsung dan konser virtual di televisi (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Sekarang sih maklum yah karena situasi pandemi, kalau sudah normal kembali bisa lihat konser live seperti biasa saya bakal tetap nonton," tambahnya.

Disisi lain, Yogi Rachman seorang jurnalis musik yang kerap mendatangi festival musik termasuk Synchronize Fest, tak kecewa dengan Synchronize yang ditayangkan di televisi nasional. Dia justru penasaran seperti apa festival musik yang akan disajikan nanti.

"Saya sih akan tetap nonton. Penasaran bakal seperti apa kemasannya di TV dengan segala aturan penyiaran. semoga aja enggak kalah bagus sama nonton live di venue," harap Yogi.

Namun, ketika melihat line-up yang ditampilkan, Yogi agak sedikit kecewa, lantaran tidak ada penampil dengan musik beraliran metal/keras.

"Kalau dengar alasan dari penyelenggara, musik metal lebih enak ditonton langsung di venue emang benar. Tapi harusnya sih bisa dikasih slot buat band-band metal/cadas," kata Yogi.

Yogi berharap tahun depan Syncronize fest bisa digelar seperti tahun-tahun sebelumnya, dan bisa menjadi ajang 'balas dendam' baginya untuk menikmati nonton konser live, setelah konser-konser musik di Indonesia lumpuh total akibat Pandemi COVID-19. (Ryn)

Baca Juga:

Alunan Reggae Steven & Coconut Treez Bikin Festival Goers Berdansa Lepas di Synchronize Fest 2019

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Prediksi Kisah Seram di Sekuel 'Scary Stories to Tell In The Dark'
Fun
Prediksi Kisah Seram di Sekuel 'Scary Stories to Tell In The Dark'

Disutradarai oleh Andre Ovredal dan diproduseri oleh Guillermo del Toro, Scary Stories To Tell In The Dark cukup sukses di pasaran.

Kurang Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone 12 Mini
Fun
Kurang Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone 12 Mini

Agaknya pengguna lebih suka iPhone yang lebih besar ukurannya.

Mengenal Rumah Tumbuh Banyak Bukaan Jawaban Rumah Impian
Fun
Mengenal Rumah Tumbuh Banyak Bukaan Jawaban Rumah Impian

Memiliki rumah impian tak melulu membutuhkan dana besar.

Menghindari Sakit Punggung dan Pinggang Karena Terlalu Lama Duduk
Fun
Menghindari Sakit Punggung dan Pinggang Karena Terlalu Lama Duduk

Tekanan terlalu berat membuat otot punggung, bahu, leher dan tulang belakang menjadi sakit.

WeddingMarket, Marketplace di Industri Pernikahan
Fun
WeddingMarket, Marketplace di Industri Pernikahan

Mayoritas mencari referensi dan informasi untuk pernikahan melalui internet.

Kemenparekraf Gaungkan Kesadaran Akan Protokol Kesehatan Lewat Kampanye Indonesia Care
Fun
Kemenparekraf Gaungkan Kesadaran Akan Protokol Kesehatan Lewat Kampanye Indonesia Care

Kemenparekraf Gaungkan Kesadaran Akan Protokol Kesehatan Lewat Kampanye Indonesia Care

The Weeknd Sumbang Rp14,5 Miliar untuk Korban Kelaparan di Ethiopia
ShowBiz
The Weeknd Sumbang Rp14,5 Miliar untuk Korban Kelaparan di Ethiopia

The Weeknd menyumbangkan dana sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14,5 miliar untuk membantu masyarakat Ethiopia .

Cara Baik Tolak Ajakan Nongkrong di Tengah Pandemi
Fun
Cara Baik Tolak Ajakan Nongkrong di Tengah Pandemi

Beberapa cara menolak ajakan ketemuan orang secara baik saat pandemi.

Konekto untuk Dukung UMKM Go Digital
Fun
Konekto untuk Dukung UMKM Go Digital

UMKM semakin mudah untuk berbisnis lewat Konekto.

Gendut Semenjak Karantina? Yuk Mainkan 4 Game Ini untuk Bakar Kalori
ShowBiz