Musik
Synchronize Fest di TV Nasional? Ini Tanggapan Para Penikmat Musik Synchronize Fest 2020 akan hadir dengan kemasan yang berbeda (Foto: instagram @synchronizefest)

ADA yang berubah dengan Syncronize Fest tahun ini hadir dengan kemasan berbeda. Melalui akun Instagram resminya @synchronizefest, pihak Syncronize Fest mengumumkan bahwa pertunjukan festival musik tahun ini akan disiarkan di televisi nasional.

Synchronize Fest 2020 akan ditayangkan pada 14 November 2020, pukul 21:45 hingga 01:00 WIB di SCTV. Namun inti dari keriuhan festival musik tidaklah berkurang, Kali ini, Synchronize Fest menghadirkan 29 musisi Indonesia lintas genre dan generasi.

Baca Juga:

Killing Me Inside Reunion, Gaungkan Nostalgia Scene Emo di Synchronize Fest 2019

soneta
Rhoma Irama dan Soneta di Synchronize Fest 2018 (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Dari 29 musisi yang hadir di Snycronize Fest 2020 siap memanaskan event ini adalah Danilla, Dipha Barus, Iwa K, Iwan Fals, Rhoma Irama, Rocket Rokers, Koil, Kunto Aji, Pamungkas, Pee Wee Gaskins, Rocket Rokers, The Upstairs, The Sigit dan Setia Band.

Pada event ini, pihak penyelenggara Demajors dan Dyandra Promosindo, mengusung tema 'Selebrasi Bersama Televisi', untuk menjadi penghibur dan penawar rindu para festival goers yang sudah haus festival musik tahunan yang terpaksa tertunda karena pandemi.

Suasana yang berbeda tentu akan sangat terasa dengan Syncronize fest 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran. Di mana para penonton merasakan kemeriahan, melihat langsung sosok musisi idola, serta bisa sing along dan berdansa bersama teman, sahabat atau kekasih di lokasi acara.

Karena tahun ini ditayangkan di televisi, para festival goers mungkin akan kehilangan suasana saat menonton langsung, namun di sisi lain kamu tidak perlu membeli tiket untuk menyaksikan Synronize Fest, lantaran bisa ditonton secara cuma-cuma dan menjangkau banyak penonton dari seluruh Indonesia dengan melihatnya dari Televisi Nasional.

Tapi, meski Syncronize ditayangkan di televisi, Kiki Aulia Ucup selaku Program Director Syncronize Fest mengatakan, bahwa pihak stasiun Televisi memberikan kebebasan untuk menyelenggarakan festival musik ini.

"Mereka tidak ada intervensi sama sekali, mereka membebaskan kita mau menampilkan apa saja. Proses kurasi lebih rumit untuk menampilkan siapa aja yang tepat. Saya coba mengcapture apa saja yang menjadi spotlight musik Indonesia dengan nafas Syncronize," jelas Kiki Ucup.

Baca Juga:

Synchronize Fest 2019 Mengangkat Tema Lingkungan dan Kehidupan

Lineup penampil di Synchronize Fest 2020 (Foto: instagram @synchronizefest)

Keputusan Syncronize Fest untuk menggelar event yang disiarkan di televisi nasional, menuai pro dan kontra. Khususnya bagi para penikmat musik yang setiap tahunnya tidak pernah absen menyaksikan gelaran musik spektakuler Syncronize Fest.

Salah satunya yang cukup kecewa dengan gelaran kali ini adalah Risna Halidi, asal Bogor, yang sudah 3 tahun tidak pernah absen menyaksikan festival musik Synchronize Fest.

Menurut Risna, bila hanya melihat dari televisi, dia tidak bisa mendapatkan sensasi menonton festival musik yang sesungguhnya.

"Enggak mau nonton, soalnya yang dicari dari Syncronize Fest itu sensasi nyanyi-nyanyi bareng dan nostalgia bareng. Meski kamu suka atau enggak sama penyanyi/band tertentu, tapi pas kamu nonton, alam bawah sadar kamu ternyata hapal sama yang mereka nyanyiin, kamu pasti bakal stay di depan panggung," jelas Risna.

Kendati tak tertarik untuk menonton Synchronize Fest 2020 yang disiarkan di televisi Nasional, bukan berarti Risna sudah 'anti' untuk menonton Synhronize Fest tahun berikutnya.

Baca Juga:

Sosok Chrisye 'Hidup Kembali' di Panggung Synchronize Fest 2019

Para penonton Synchronize Fest tentu akan merasakan perbedaan menonton konser secara langsung dan konser virtual di televisi (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Sekarang sih maklum yah karena situasi pandemi, kalau sudah normal kembali bisa lihat konser live seperti biasa saya bakal tetap nonton," tambahnya.

Disisi lain, Yogi Rachman seorang jurnalis musik yang kerap mendatangi festival musik termasuk Synchronize Fest, tak kecewa dengan Synchronize yang ditayangkan di televisi nasional. Dia justru penasaran seperti apa festival musik yang akan disajikan nanti.

"Saya sih akan tetap nonton. Penasaran bakal seperti apa kemasannya di TV dengan segala aturan penyiaran. semoga aja enggak kalah bagus sama nonton live di venue," harap Yogi.

Namun, ketika melihat line-up yang ditampilkan, Yogi agak sedikit kecewa, lantaran tidak ada penampil dengan musik beraliran metal/keras.

"Kalau dengar alasan dari penyelenggara, musik metal lebih enak ditonton langsung di venue emang benar. Tapi harusnya sih bisa dikasih slot buat band-band metal/cadas," kata Yogi.

Yogi berharap tahun depan Syncronize fest bisa digelar seperti tahun-tahun sebelumnya, dan bisa menjadi ajang 'balas dendam' baginya untuk menikmati nonton konser live, setelah konser-konser musik di Indonesia lumpuh total akibat Pandemi COVID-19. (Ryn)

Baca Juga:

Alunan Reggae Steven & Coconut Treez Bikin Festival Goers Berdansa Lepas di Synchronize Fest 2019

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Panduan Tidur di Tengah Pandemi
Fun
Panduan Tidur di Tengah Pandemi

Tidur cukup mengefektifkan vaksin yang diberikan, sehingga yang bersangkutan tidak tertular COVID-19.

Pasanganmu Pengaruhi Kesehatanmu
Hiburan & Gaya Hidup
Pasanganmu Pengaruhi Kesehatanmu

Tanpa sadar, pasangan kita bisa memberikan pengaruh buruk, begitu juga sebaliknya.

Ini Cara Hapus Instagram Search History dan Search Suggestions
Fun
Ini Cara Hapus Instagram Search History dan Search Suggestions

Instagram Search History berkaitan dengan Search Suggestions

5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui
Fun
5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Ketahui

Biar main Telegram semakin aman.

Single 'Holiday Savvy' Dhira Bongs Menyorot Perjalanan Spiritual Manusia
ShowBiz
Single 'Holiday Savvy' Dhira Bongs Menyorot Perjalanan Spiritual Manusia

Dhira Bongs berkolaborasi dengan Grace Sahertian untuk single Holiday Savvy.

Kalung Mirip Kabel Telepon dari Bottega Veneta
Fashion
Tanaman Hias Ini Bisa Membersihkan Udara dalam Ruangan
Fun
Tanaman Hias Ini Bisa Membersihkan Udara dalam Ruangan

Berikut beberapa jenis tanaman hias pembersih udara:

Begini Bahaya Menahan Gejolak Buang Air Besar
Fun
Begini Bahaya Menahan Gejolak Buang Air Besar

Jangan sekali-kali menahan buang air.

Keluh Kesah Ernest Prakasa Produksi 'Imperfect The Series' di Tengah Pandemi
ShowBiz
Keluh Kesah Ernest Prakasa Produksi 'Imperfect The Series' di Tengah Pandemi

Ernest: syuting di tengah pandemi sangat merepotkan.

Layanan Panggilan Darurat 112 Dapatkan Penghargaan Internasional
Fun
Layanan Panggilan Darurat 112 Dapatkan Penghargaan Internasional

Panggilan darurat 112 dapat diakses oleh masyarakat tanpa dikenakan biaya dalam situasi gawat darurat.