Syarat Perjalanan Wajib Booster bagi Penumpang Kereta Jarak Jauh Penumpang kereta api melintas di samping kereta Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir pp, pada Senin (11/7). (PT KAI)

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menerapkan aturan kepada calon penumpang kereta api jarak jauh. Penumpang kereta menunjukkan sertifikat vaksin booster. Kebijakan ini berlaku mulai 17 Juli 2022.

Bagi pelanggan yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

Baca Juga

Masyarakat Diminta Segera Vaksin Booster untuk Bisa Akses Fasilitas Publik

Aturan ini berlaku untuk penumpang dengan usia di atas 17 tahun, sesuai dengan penerbitan surat edaran terbaru dari Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022. Yakni tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menerangkan, untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah pada perjalanan KA yang aman dan sehat di masa pandemi COVID-19 di area KAI Daop 1 Jakarta juga menyediakan layanan antigen di Stasiun Gambir.

Dengan jam operasional mulai pukul 06.00 sampai dengan 22.00 WIB dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Masyarakat khususnya calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan kode booking tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP.

"Adapun layanan antigen di Stasiun Gambir dan Pasar Senen memiliki tarif Rp 35 ribu dan untuk perjalanan KA bukti antigen berlaku 1x24 jam,” tutur Eva, di Jakarta, Kamis (14/7).

Layanan vaksinasi gratis di stasiun kereta api. ANTARA/HO-PT KAI
Layanan vaksinasi gratis di stasiun kereta api. ANTARA/HO-PT KAI

Eva menuturkan jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai. Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas.

Bagi calon penumpang yang akan melakukan test antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan KA disarankan agar dapat mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun untuk menghindari risiko tertinggal KA.

"Mengingat proses test antigen membutuhkan waktu,” ujarnya.

Selain layanan antigen, Stasiun Gambir dan Pasar Senen juga menyediakan layanan vaksin gratis dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Daop 1 Jakarta mengimbau kembali pada seluruh calon penumpang KA khususnya yang berangkat pada tanggal 17 Juli 2022 dan seterusnya agar memperhatikan kembali aturan persyaratan terbaru.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KAJJ dan Lokal yang berlaku mulai 17 Juli 2022:

1. Syarat Naik KA Jarak Jauh

a) Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening COVID-19

b) Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

c) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

d) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

e) Pelanggan dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif screening COVID-19. Jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama maka wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

f) Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Baca Juga

Pelaku Perjalanan Luar Negeri ke Indonesia Belum Vaksin Dua Kali Wajib Karantina

2. Syarat Naik KA Lokal dan Aglomerasi

a) Vaksin minimal dosis pertama

b) Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR

c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

d) Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksin dan hasil tes COVID-19 pelanggan.

Data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

Pelanggan tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun. Masker yang digunakan merupakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.

Untuk mengedepankan protokol kesehatan seluruh pengguna jasa yang akan berangkat juga diberikan healthy kit berupa masker sesuai standart dan pembersih tangan saat di atas KA.

Pada saat melakukan boarding, calon penumpang juga akan melalui proses pemeriksaan suhu tubuh karena seluruh penumpang yang berangkat diwajibkan memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius. (Knu)

Baca Juga

Tito Keluarkan Edaran Percepat Vaksinasi Booster

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
HUT ke-76, TNI akan Pamerkan 112 Alutsista
Indonesia
HUT ke-76, TNI akan Pamerkan 112 Alutsista

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan memamerkan 112 alat utama sistem persenjataan (alutsista) di sekitar Istana Merdeka tepatnya di sepanjang Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, pada Peringatan HUT ke-76 TNI, Selasa (5/10)

Gugat Hasil TWK ke PTUN, Novel Baswedan: Agar KPK tak Semakin Rusak
Indonesia
Gugat Hasil TWK ke PTUN, Novel Baswedan: Agar KPK tak Semakin Rusak

Novel menyebut gugatan dilayangkan karena kecintaan para mantan pegawai terhadap KPK. Dia tak mau lembaga pemberantasan korupsi semakin rusak dan tidak lagi mendapat kepercayaan masyarakat.

Jepang Ikuti Jejak Negara Barat Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Rusia
Dunia
Jepang Ikuti Jejak Negara Barat Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Rusia

Jepang melarangan penerbitan obligasi Rusia di Jepang dan pembekuan aset orang-orang Rusia

Kemendikbudristek Diminta Hati-Hati Tentukan Kebijakan PTM 100 Persen
Indonesia
Kemendikbudristek Diminta Hati-Hati Tentukan Kebijakan PTM 100 Persen

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 juga harus terus mengawasi setiap sekolah

2 Wanita di Solo Diamankan di Kamar Indekos, Diduga Lakukan Prostitusi Online
Indonesia
2 Wanita di Solo Diamankan di Kamar Indekos, Diduga Lakukan Prostitusi Online

Kegiatan itu terkait kasus dugaan prostitusi. Mereka mengamankan dua perempuan bersama dengan seorang pria berada di dalam kos tersebut.

Mayoritas Penyebab Kecelakaan Bus Transjakarta Berdasarkan Analisis Polisi
Indonesia
Mayoritas Penyebab Kecelakaan Bus Transjakarta Berdasarkan Analisis Polisi

Sambodo berharap agar kecelakaan lalu lintas dapat diminimalkan

Gerindra: Naiknya Harga Pangan Ganggu Kekhusuyukkan Ibadah Ramadan
Indonesia
Gerindra: Naiknya Harga Pangan Ganggu Kekhusuyukkan Ibadah Ramadan

Warga punya persoalan baru yakni potensi naiknya harga barang kebutuhan pokok. Termasuk kenaikan harga bensin dan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjelang Ramadan.

Besok, PDIP Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU
Indonesia
Besok, PDIP Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU

Jajaran DPP PDI Perjuangan (PDIP) hari ini mengirimkan atau menginput data Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara online.

Proteksi Sektor Rentan Serangan Teroris Jadi Bahasan BNPT dan PBB
Indonesia
Proteksi Sektor Rentan Serangan Teroris Jadi Bahasan BNPT dan PBB

UNOCT akan mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan pemerintah Indonesia.

Polisi Bongkar Motif Eks ART Rampas Sertifikat Milik Ibu Nirina Zubir
Indonesia
Polisi Bongkar Motif Eks ART Rampas Sertifikat Milik Ibu Nirina Zubir

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat membongkar motif tersangka yang tega merampas enam aset sertifikat milik almarhum ibunda Nirina.