Syarat Perjalanan Anyar Keluar, Pengelola Bandara Siapkan Sentral Vaksinasi Booster Bandara. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Syarat baru perjalanan mulai diberlakukan pada 17 Juli 2022, sesuai dengan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 70 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

Selain itu, pemenuhan syarat perjalanan ini merujuk pada SE Kementerian Perhubungan Nomor 71/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

Baca Juga:

2.576 Orang Terinfeksi COVID-19 pada Minggu (10/7)

VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika menegaskan, AP II sebagai pengelola 20 bandara telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memberlakukan regulasi terbaru sesuai SE Kemenhub bagi penumpang pesawat rute domestik dan rute internasional.

Akbar menyampaikan, sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 70/2022, bagi PPDN atau penumpang pesawat rute domestik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan melakukan tes PCR atau antigen dalam melakukan perjalanan.

Apabila PPDN baru mendapat vaksinasi dosis kedua, maka wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara jika PPDN baru mendapat vaksinasi dosis pertama, maka wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Adapun bagi PPDN usia 6-17 tahun menunjukkan sertifikat vaksinasi dosis kedua dan tidak wajib melakukan RT-PCR atau antigen. Bagi usia kurang dari 6 tahun, tidak wajib vaksinasi dan tidak wajib tes.

Bagi PPDN yang tidak dapat menjalani vaksinasi karena kondisi kesehatan khusus, wajib melampirkan surat keterangan. Secara lengkap, regulasi dapat dilihat di SE Kemenhub.

Ia menuturkan, bandara AP II telah membuka sentra vaksinasi khusus dosis ketiga (booster) dan menyediakan lokasi tes RT-PCR maupun antigen.

"Melalui sentra vaksinasi booster di seluruh bandara AP II, kami berharap penumpang dapat memenuhi regulasi dengan baik," ujarnya.

Ia menegaskan, AP II bersama stakeholder antara lain Satgas COVID-19, KKP Kemenkes dan maskapai akan memastikan regulasi terkait PPLN dan PPDN diterapkan dengan baik.

Bandara AP II yang membuka sentra vaksinasi booster termasuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Bandara Soekarno-Hatta membuka 3 sentra vaksinasi booster yaitu di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 yang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Bandara AP II lainnya yang turut membuka sentra vaksinasi booster adalah Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Lalu, Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan).

Sementara itu, bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) atau penumpang pesawat rute internasional, seluruh bandara AP II juga memberlakukan regulasi terbaru sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 71/2022.

Bagi WNI PPLN yang belum mendapat vaksinasi akan divaksinasi di entry point setelah dilakukan pemeriksaan gejala di entry point saat kedatangan atau di tempat karantina setelah dilakukan RT-PCR dihari ke-4 karantina dengan hasil negatif.

Bagi PPLN yang belum divaksinasi atau baru menjalani vaksinasi dosis pertama seminimalnya 14 hari sebelum keberangkatan maka akan menjalani karantina selama 5x24 jam saat tiba di Indonesia.

Bagi PPLN yang telah menjalani vaksinasi dosis kedua atau ketiga seminimalnya 14 hari sebelum keberangkatan maka diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Adapun bagi WNI yang telah berusia 18 tahun ke atas dan ingin melakukan keberangkatan ke luar negeri maka wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi dosis ketiga.

"Pengecualian bagi WNI PPLN dengan kondisi kesehatan khusus (komorbid) dan yang telah dinyatakan tidak aktif menularkan COVID-19," katanya. (Asp)

Baca Juga:

COVID-19 Naik lagi, Jokowi Wajibkan Kembali Pemakaian Masker

Penulis : Asropih Asropih
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Penyebab Elektabilitas PDIP dan PSI Teratas di DKI Versi JRC
Indonesia
Penyebab Elektabilitas PDIP dan PSI Teratas di DKI Versi JRC

Dua parpol tersebut yang paling gencar mengangkat persoalan yang menjadi polemik

Indonesia Kutuk Eksekusi Mati 4 Orang Aktivis Demokrasi di Myanmar
Dunia
Indonesia Kutuk Eksekusi Mati 4 Orang Aktivis Demokrasi di Myanmar

Keempat pria itu dijatuhi hukuman mati pada Januari dalam persidangan tertutup. Mereka dituduh membantu milisi melawan militer, yang merebut kekuasaan lewat kudeta tahun lalu.

Penanganan Kasus Ferdinand Hutahaean Masuk Tahap Penyidikan
Indonesia
Penanganan Kasus Ferdinand Hutahaean Masuk Tahap Penyidikan

Polisi bergerak cepat mengusut kasus dugaan ujaran kebencian yang diduga dilakikan mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean.

Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Sheikh Khalifa dengan Singgah di Abu Dhabi
Indonesia
Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Sheikh Khalifa dengan Singgah di Abu Dhabi

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Minggu (15/5), sekitar pukul 15.50 waktu setempat.

Muncul Klaster COVID-19, Beijing Tunda Pembukaan Kelas Tatap Muka
Dunia
Muncul Klaster COVID-19, Beijing Tunda Pembukaan Kelas Tatap Muka

Klaster terbaru COVID-19 ditemukan di salah satu pusat keramaian kota Beijing, Tiongkok.

Harga Tiket Garuda Indonesia Tidak Akan Naik
Indonesia
Harga Tiket Garuda Indonesia Tidak Akan Naik

Garuda tidak akan menaikkan harga tiket pesawat kelas ekonomi domestik kendati Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan.

Anies Copot Priyatno Bambang dari Dirut PAM Jaya
Indonesia
Anies Copot Priyatno Bambang dari Dirut PAM Jaya

ubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberhentikan Direktur Utama Perusahaan Air Minum Daerah DKI Jakarta (PAM JAYA) Priyatno Bambang Hernowo dari jabatannya.

Panglima TNI Ajak Malaysia-Singapura Latihan Gabungan Bersama Australia
Indonesia
Panglima TNI Ajak Malaysia-Singapura Latihan Gabungan Bersama Australia

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan telekonferensi video dengan Panglima Angkatan Pertahanan Australia Jenderal Angus Campbell, Senin (14/3).

[HOAKS atau FAKTA]: Ibu Negara Iriana Sebar Pesan Berantai Batasi Penggunaan Handphone
Lainnya
[HOAKS atau FAKTA]: Ibu Negara Iriana Sebar Pesan Berantai Batasi Penggunaan Handphone

Narasi pesan berantai tersebut bersumber dari imbauan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Drs. Gatot Bambang Hastowo, M.Pd.

Berikut Poin-Poin Penting UU TPKS yang Baru Diteken Jokowi
Indonesia
Berikut Poin-Poin Penting UU TPKS yang Baru Diteken Jokowi

"Undang-Undang ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," demikian bunyi Pasal 93 pada UU ini, yang dipublikasikan di laman resmi Sekretariat Negara, Rabu (11/5)