Syarat Berwisata ke Yogyakarta yang Wajib Dijalankan Pelancong Syarat berwisata ke Yogyakarta untuk Pelancong (Foto: MP/Teresa Ika)

SEJUMLAH obyek wisata di Yogyakarta sudah mulai dibuka kembali untuk umum. Namun jam operasional serta jumlah pengunjungnya masih terbatas. Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerapkan sejumlah persyaratan yang wajib dibawa dan dimiliki oleh pelancong yang hendak pergi ke kota Gudeg ini.

Baca juga:

Empat Objek Wisata di Kota Jogja Sudah Beroperasi Kembali, Ini Daftarnya

Ketiga ketentuan ini telah ditertuang dalam standar operasi prosedur (SOP) normal baru di wilayah DIY.

Surat Keterangan Sehat

Syarat Berwisata ke Yogyakarta yang Wajib Dijalankan Pelancong
Wajib menunjukkan surat keterangan sehat (Foto: MP/Teresa Ika)

Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mewajibkan calon wisatawan membawa surat keterangan sehat. Pengelola obyek wisata serta pihak hotel wajib menanyakan dan meminta pengunjung menunjukkan surat tersebut saat akan memasuki suatu obyek wisata.

Pengelola obyek wisata juga diwajibkan memeriksa suhu tubuh calon wisatawan sebelum masuk ke tempat wisata. Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo menjelaskan tindakan ini dilakukan untuk menekan penambahan jumlah pasien Corona.

"Ini bagian kehati-hatian kita karena sekarang itu kan di Yogyakarta trennya meningkat dan kalau dilihat dari riwayatnya berasal dari luar daerah," jelasnya.

Surat keterangan sehat juga menjadi syarat mutlak bagi calon penumpang Kereta Api jarak jauh dan calon penumpang pesawat terbang yang hendak berangkat dari stasiun juga bandara di Yogyakarta.

Untuk calon penumpang pesawat diwajibkan pula membawa hasil rapid test atau uji SWAB yang berlaku 14 hari usai pembuatan.

Unduh Aplikasi Cared+Jogja

Syarat Berwisata ke Yogyakarta yang Wajib Dijalankan Pelancong
Aplikasi Cared+ Jogja (Foto: cared-diy.jogjaprov)

Kepala Diskominfo DIY Rony Primantoro menjelaskan Cared+ Jogja adalah suatu aplikasi yang berfungsi seperti buku tamu yang mencatat data diri dan nomor kontak wisatawan

"Setiap masyarakat yang akan mengunjungi Yogyakarta harus mengunduh sebuah aplikasi di mana aplikasi tersebut akan menghasilkan sebuah paspor digital dalam bentuk QR code," kata Rony.

Menurut Rony, platform digital yang masih dalam tahap uji coba itu bermanfaat untuk mempermudah penelusuran kontak apabila suatu saat muncul kasus pengunjung yang positif COVID-19.

Baca juga:

Pantai Selatan Gunungkidul akan Dibuka Kembali dengan Protokol New Normal

Selain Cared+ Jogja, seluruh wisatawan yang hendak masuk ke Malioboro wajib melakukan scan barcode ke website. Pemkot sudah memberi pagar diujung gang masuk kawasan Malioboro. Seluruh pengunjung yang tidak mau mendaftarkan diri tidak diperbolehkan masuk ke kawasan legendaris ini.

Jalankan Tiga Rukun Pencegahan COVID-19

Syarat Berwisata ke Yogyakarta yang Wajib Dijalankan Pelancong
Protokol yang harus dijalani pengunjung Malioboro (Foto: MP/Teresa Ika)

Tiga Rukun Pencegahan COVID-19 meliputi tiga tindakan yang selalu dilakukan selama berada di tempat umum. Ketiganya adalah memakai masker, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak minimal satu meter.

Dinas Pariwisata DIY telah mewajibkan seluruh penglola wisata menyiapkan sarana cuci tangan serta melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.

Seluruh wisatawan yang tidak mematuhi tiga persyaratan ini terancam kena sanksi mulai dari teguran, pelarangan masuk hingga denda uang sebesar Rp100 ribu. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca juga:

Simulasi Smart City Tour Cirebon, Bangkitkan Wisata Ciayumajakuning

Kredit : patricia


Ananda Dimas Prasetya